real
        time web analytics

Info

Atasi Handphone yang Lemot dalam 5 Menit


TOPCAREER.ID – Banyaknya aktivitas yang dilakukan di smartphone kerap membuat si ponsel pintar ini lama dalam memproses perintah alias lemot. Biasanya smartphone tidak bisa bekeja dengan baik karena beberapa faktor, seperti terlalu banyak menginstal aplikasi, memori internal, dan eksternal smartphone tersisa sedikit.

Tapi, ada tips untuk mengatasi smartphone yang lemot, berikut caranya.

1. Membersihkan Cache

Kata cache diambil dari kata crash. Secara istilah file cache adalah file sementara yang terdapat di memori internal smartphone Android. Cache akan mencatat aktivitas aplikasi Android yang telah kamu gunakan.

Walaupun data yang dihasilkan sedikit, namun jumlah aplikasi yang kamu gunakan banyak. Ternyata itu bisa membuat smartphone kamu lemot. Maka dari itu kamu harus membersihkan cache 

2. Uninstall Bloatware

Beberapa aplikasi ini dibuat karena iseng-iseng lho tapi ternyata mendapat respon yang tak terduga dari para pengguna Android. Tidak jarang banyak aplikasi bawaan dari smartphone Android yang kamu beli dan tidak terlalu dibutuhkan. Sebenarnya kamu bisa menghapus aplikasi bloatware ini.

Cukup dengan membuka aplikasi pengaturan, klik menu aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin kamu hapus dengan mengklik uninstall atau disable.

3. Menghapus Widget

Widget adalah aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung. Biasanya widget ditaruh di home screen untuk memudahkan pengguna ketika ingin diakses.

Namun untuk mengoptimalkan Android yang dipakai, kamu bisa menghapusnya dengan cara pilih widget yang ingin dihapus. Kemudian tekan dan tahan untuk beberapa saat, lalu geser ke arah gambar tempat sampah.

4. Optimalkan Google Chrome

Setiap Android pasti mempunyai Google Chrome untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi. Mengoptimalkan Google Chrome merupakan cara terbaik untuk dapat mengembalikan performa Android. Tidak hanya itu, kamu bisa mengaksesnya dengan menghemat kuota internet.

Caranya pergi ke aplikasi Google Chrome, klik tiga titik yang berada dipojok kanan atas lalu pilih menu pengaturan. Klik Advanced dan pilih Data Saver, lalu aktifkan untuk menghemat pemakaian data.

 

Rekomendasi

Terkait