real
        time web analytics

Info

Awas Pengemudi Ngecek GPS di HP Bisa Kena Sanksi


TOPCAREER.ID – Bagi pengemudi kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat, kamu harus mengetahui update ini. Sebab Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja menolak gugatan uji materi terkait penggunaan Global Positioning System (GPS) di ponsel, ketika berkendara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai langkah keputusan MK sudah tepat. Pasalnya, Kementerian Perhubungan juga sudah melarang penggunaan gawai ketika berkendara.

"Basically, keselamatan di antaranya itu meminta jangan menggunakan gadget. Tentang sanksinya itu kewenangan dari lembaga MK, tapi kami memang melarang siapapun itu," ujar Budi Karya

Lebih lanjut Budi mengimbau, agar pengguna kendaraan yang memang perlu untuk menggunakan GPS agar berhenti dahulu, tidak sembari berkendara.

Ketua MK Anwar Usman dalam salinan putusan di website MK mengatakan, konsentrasi adalah kunci utama dalam keselamatan berlalu lintas.

Seperti diketahui, Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 106 ayat 1 berbunyi:  Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Dengan demikian, para pelanggar bisa dikenai sanksi tilang berupa denda maksimal Rp 750 ribu atau hukuman kurungan maksimal 3 bulan.

Rekomendasi

Terkait