real
        time web analytics

Info

Bahasa Tubuh yang Mendukung Suksesnya Public Speaking


TOPCAREER.ID – Gerak gerik ketika melakukan public speaking itu menjadi hal yang penting agar hal yang disampaikan bisa berjalan sempurna. Ketika materi yang akan disampaikan sudah sempurna, jangan sampai hal itu tak didukung dengan body language yang seharusnya. Berikut 5 body language yang mendukung dalam public speaking.

1. Postur

Jaga postur yang baik (tegap namun tidak kaku) selama melakukan public speaking. Hal ini mengesankan ketegasan dan kredibilitas materi yang disampaikan. Hadapilah para penonton secara terbuka, jangan menunjukkan ketakutan terhadap penonton karena akan membuat penonton ragu dengan apa yang disampaikan. 

Letakkan tangan di kantong celana atau di samping, jangan menopang tangan di depan karena akan terkesan angkuh.

2. Atur pernapasan

Tetap rileks, jika menemui kesalahan atau sesuatu yang membuat gugup, cukup tarik napas dalam-dalam dan buang perlahan. Hal ini akan membuat suara tetap terjaga dan tidak ”goyang” dalam menyampaikan materi. Selain itu, bernapaslah secara perlahan dan stabil untuk menjaga kecepatan berbicara. 

3. Eye Contact

Untuk menjaga khalayak tetap fokus terhadap Anda, lakukan eye contact secara rutin dan merata ke seluruh penonton agar mereka  merasa terikat dalam kegiatan public speaking tersebut.

Tips untuk Anda yang masih takut menatap mata penonton, pandanglah ke satu titik yang tidak ada penontonnya, namun berada di tengah-tengah kerumunan penonton. Hal ini akan membuat Anda terlihat seolah melihat ke penonton, padahal sebenarnya tidak. 

4. Gestur

Gestur badan memberikan banyak arti dalam komunikasi. Dalam presentasi, gunakan gerakan tangan untuk menyelaraskan dengan apa yang sedang dibicarakan. Jaga perhatian penonton dengan gerakan yang divariasikan, termasuk juga gerakan tangan, kepala dan bahu.

5. Movement

Kuasailah panggung Anda. Jangan terdiam di satu titik saja. Lakukan beberapa pergerakan seperti berjalan mengitari panggung, mendekati para penonton di setiap sisi panggung, dan gerakan lainnya. Selain untuk berinteraksi, hal ini juga ampuh untuk menghilangkan grogi. Namun, jangan berlebihan.

 

Rekomendasi

Terkait