real
        time web analytics

Info

Bangun Otak yang Sehat dan Cerdas di 2019


TOPCAREER.ID – Membangun otak yang lebih cerdas, lebih sehat, dan lebih tangguh di 2019 bisa dilakukan dengan satu cara. Coba kamu habiskan lebih banyak waktu di dunia nyata, ketimbang tertunduk fokus di dunia maya. 

Seorang ahli ilmu saraf dengan pengalaman tiga dekade yang berbasis di Universitas Richmond, Kelly Lambert melakukan pekerjaan pada fungsi otak tikus. Hewan-hewan ini mengungkapkan wawasan penting tentang bagaimana otak kita bekerja.

Neuroscience menunjukkan bahwa bangun dari layar smartphonemu dan berinteraksi dengan dunia nyata sangat penting untuk menjaga benjolan tiga pon di kepala agar tetap bugar.

“Dalam studi kami, tikus-tikus yang saya dan siswa saya latih untuk bekerja secara fisik demi camilan yang didambakan (sereal Froot Loops) mengembangkan respons emosional yang lebih sehat daripada hewan yang kita sebut ‘trust-fund rats' karena mereka hanya diberi hadiah manis mereka,” kata Lambert dalam Inc.

Ia menambahkan, tikus yang bekerja lebih keras memiliki kadar hormon stres yang lebih sehat dan terlibat dalam strategi pencarian yang lebih canggih ketika mereka menghadapi tantangan kejutan. Singkatnya, bekerja meningkatkan ketangguhan mental tikus.

Apakah itu berarti kamu harus berlari maraton atau menghabiskan berjam-jam di gym? Tidak perlu seperti itu. Yang kamu butuhkan adalah melakukan hal-hal dunia nyata yang lebih aktual. 

“Pengalaman dunia nyata mewakili mata uang terbaik untuk sirkuit otak kita,” tegas Lambert.

Menghabiskan waktu untuk mengerjakan hobi, seperti merajut atau berkebun, misalnya. Dengan gerakan kompleks dan pengalaman indrawi yang kaya, memberikan hasil yang berharga bagi otak kita.

Mengapa Lambert menggunakan tikus sebagai subjek percobaan yang dikaitkan dengan otak manusia? Lambert menilai otak tikus yang kecil memiliki area umum yang sama dan neurokimia yang dimiliki manusia. Jadi, tikus ini adalah model laboratorium yang berharga untuk perilaku manusia.

 

Rekomendasi

Terkait