real
        time web analytics

Info

Bayaran yang Dikantongi MUA untuk Wedding dan Prewedding


TOPCAREER.ID – Profesi sebagai make up artist (MUA) saat ini makin menjamur, pun termasuk make up untuk wedding dan pra wedding yang kian laris. Range harga untuk menggunakan jasa make up artist wedding ini pun beragam. Begitu pula pendapatan yang masuk kantong para MUA.

Arty Ardiwinata, seorang make up artist yang kerap menangani acara pernikahan ini mengaku bisa mematok tarif setidaknya Rp6 juta ke atas untuk merias pengantin perempuan. Tarif itu tentu akan berbeda jika ikut menangani keluarga pengantin. 

“Bride-nya Rp6 juta, kalau keluarganya 30 persen dari harga bride, untuk satu anggota keluarga. Dan wedding dengan rata-rata biaya Rp6 juta-Rp30 juta, udah termasuk test make up, sudah satu paket untuk make up pagi (akad nikah/pemberkatan) dan malam hari (resepsi/party),” kata Arty kepada Topcareer.id.

Menurut Arty, patokan harga make up artist itu pertama berdasar nama yang sudah dikenal sehingga biaya bisa mencapai puluhan juta. Kemudian faktor lainnya adalah profesionalitas make up artist itu sendiri. Arty menyampaikan, profesionalitas itu misalnya didukung oleh tim yang sudah solid dengan jumlah yang banyak. 

Selain itu, faktor terakhir penentuan harga ya tentu dari hasil make up-nya. Hasil make up jadi portofolio sendiri bagi seorang make up artist yang kelak bisa jadi bahan penentuan harga jasanya. 

“Hasil ini kan pengaruh suka dan enggak suka. Servisnya juga bagus, misal ada salah dikit langsung dibenerin,” ujar Arty. 

Arty menyampaikan, setidaknya tiap weekend ia selalu kebagian pekerjaan merias pengantin. Jadi, dalam sebulan bisa 8 job merias pengantin. Bisa bayangkan jika standar Rp6 juta sekali make up, maka untuk sebulan ya dikali delapan. Wow! Puluhan juta sebulan.

Pre Wedding

Beda saat acara penikahan, beda pula tarif make up saat pre wedding. Arty mengaku mematok biaya make up pre wedding di dalam wilayah Jakarta di harga Rp3,5 juta. Untuk pre wedding ini tentunya akan bekerja seharian mengikuti sesi fotonya.

Nah, pekerjaan make up artist enggak selamanya berkutat di dalam kota saja. Apalagi kalau untuk pre wedding, bisa ke luar kota atau ke luar negeri. 

“Harga Rp3,5 juta sehari di luar akomodasi karena akomodasi sudah pasti dibayarin. Enaknya bisa sambil jalan-jalan kalau pre wedding itu, kadang ke luar negeri. Untuk luar Jakarta biasanya kami tambah 50 persen,” papar Arty.

Tak jarang untuk make up pre wedding di luar kota, bisa memakan waktu berhari-hari, begitu pun di luar negeri. Arty mengaku, untuk tarif make up pre wedding di luar negeri tak bisa dipatok mahal-mahal lantaran biaya akomodasi untuk ke luar negeri saja sudah cukup membebani klien.