real
        time web analytics

Info

Beda Data Analisis dan Data Science


TOPCAREER.ID – Sementara, data science adalah spesialisasi yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu menjadi satu, analisis data adalah proses yang didedikasikan untuk pembersihan, inspeksi, memodelkan, dan mentransformasikan data dengan tujuan menemukan informasi penting.

Meski sering menggunakan istilah data analisis dan data science secara bergantian, tapi tetap ada perbedaan yang mencolok antara keduanya. Dilansir dari Techiexpert, berikut 3 perbedaan penting antara analisis data dan sains data

Eksplorasi

Perbedaan penting antara analitik data dan sains data terletak pada segi eksplorasi. Sementara analitik data dimaksudkan untuk menemukan data yang dapat ditindaklanjuti, data science bertujuan untuk menemukan pertanyaan yang tepat yang harus ditanyakan bisnis.

Bidang data science berfokus pada membangun tren potensial berdasarkan set data yang masih ada. Juga, ini berfokus pada memahami cara yang lebih baik untuk menganalisis dan memodelkan data yang tersedia.

Data science menghasilkan wawasan yang fokus pada pertanyaan yang perlu ditanyakan. Kemudian analitik data membantu menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Bidang Primer

Artificial Intelligence, analisis perusahaan, machine learning, dan teknik mesin pencari adalah bidang data science terkemuka. Di sisi lain, gaming, industri yang membutuhkan bantuan data besar segera, layanan kesehatan, dan perusahaan perjalanan adalah bidang utama untuk analisis data.

Cakupan

Istilah data science adalah istilah umum untuk kumpulan bidang yang digunakan untuk menambang kumpulan data yang lebih besar. Analitik data, di sisi lain, adalah versi khusus dari data sceince. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang dimaksudkan agar siap digunakan untuk pertanyaan yang ada untuk mendapatkan hasil yang dapat diobservasi secara instan.

 

Rekomendasi

Terkait