real
        time web analytics

Info

Beda eSport Player dengan Gamer, Tahu Gak?


TOPCAREER.ID – Dalam beberapa tahun belakangan kamu mungkin sering mendengar istilah eSports. Tapi tahukah kamu perbedaan antara eSports dengan game biasa.

Bagi yang belum familiar, olahraga elektronik atau eSports memang terlahir dari dunia gaming, dan eSport biasanya berwujud dalam bentuk kompetisi yang diadakan untuk video game online multiplayer.

Biasanya, game yang bergenre tim seperti DOTA 2 dan League Of Legends, atau elemen strategi berbasis pemain tunggal seperti Hearthstone dan Starcraft 2 yang menggunakan taktik, masuk dalam kategori eSport. Sementara untuk gamer sendiri, pada intinya merujuk pada seorang pemain video game.

Memang, eSport player dan gamer biasa sangat mirip, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup besar. Dirangkum dari beragam sumber berikut ini perbedaan dari eSport player dan gamer.

Profesi dan hiburan

Saat ini eSport sudah menjadi profesi bagi para pecinta game, bahkan turnamen dengan hadiah miliaran Rupiah banyak diselenggarakan. Dengan kata lain, eSport player bertanding untuk menang dalam sebuah kompetisi. Sedangkan gamer, bermain game hanya untuk hiburan semata, tidak dilakukan untuk tujuan profesional. Biasanya para gamer akan memilih bermain game sebagai penghilang stres dan kejenuhan.

Latihan dan olahraga

Sebagai seorang atlet, eSport plyaer memang memiliki latihan secara profesional yang rutin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, demi memiliki performa yang baik saat turnamen berlangsung. Konsentrasi yang baik menjadi salah satu hal yang penting yang harus dimiliki para atlet eSports. Sementara untuk gamer, mereka tidak memiliki latihan khusus, karena mereka hanya bermain game untuk kesenangan, bukan untuk pekerjaan.

Punya seragam

Perbedaan lainnya adalah, seragam yang kerap dipakai para atlet eSport, karena termasuk olahraga yang resmi. Atlet eSport diharuskan untuk memakai seragam khusus saat bertanding di sebuah kejuaraan sebagai identitas mereka. Tapi tidak demikian untuk gamers.

Rekomendasi

Terkait