real
        time web analytics

Info

Berapa Usiamu Saat Pertama Kali Berkencan? Ini Artinya


TOPCAREER.ID – Berapa umurmu ketika pertama kali pacaran? Usia ketika pertama kali pacaran atau berkencan bisa sangat berati. Sangat menarik saat memikirkan mengapa beberapa orang sudah menjalin hubungan ketika masih muda, sementara lainnya butuh waktu yang lama. 

“Tidak ada waktu yang tepat untuk memasuki hubungan pertamamu," kata pakar hubungan Lily Womble, pendiri Date Brazen, kepada Bustle. Jika kamu mencari hubungan, menempatkan diri di luar sana, dan bertemu orang yang tepat, itu bisa terjadi pada usia berapa pun. Di bawah ini, mungkin arti kapan kamu menjalin hubungan untukpertamakali berdasar usia. 

Umur 13-17

Kepribadian berkembang selama masa kanak-kanak dan sepanjang masa remaja, lalu mulai mengkristal pada awal masa dewasa. Menurut psikolog berlisensi Dr. Danielle Forshee, dari perspektif perkembangan, sekitar 16 tahun adalah waktu seseorang mulai memiliki kapasitas untuk mengalami hubungan nyata pertama kali.

Menurut Pew Research Center, 35 persen remaja usia 13 hingga 17 telah menjalin hubungan romantis. Dan itu mungkin ada hubungannya dengan seberapa mendukung kelompok teman mereka. Meskipun tidak semua orang siap untuk memiliki hubungan pertama di masa remaja mereka, jika kamu menemukan cinta pada usia ini, mungkin sebabnya karena teman-teman. 

“Pada usia ini, orang-orang telah banyak berlatih mengelola hubungan pertemanan mereka, yang membantu membangun harga diri, mengajari kita cara menghadapi argumen, (dan) memberi kita latihan dengan mengelola emosi dan membuat keputusan," Dr. Forshee kata.

Umur 18-24

Persahabatan remaja yang sama mungkin telah membuatmu mampu menjalin hubungan yang sehat saat memasuki usia 20-an. “Penelitian menunjukkan bahwa pertemanan menawarkan tempat pelatihan penting untuk mengembangkan kapasitas dan harapan untuk hubungan romantis di kemudian hari,” ucap Dr. Forshee dalam The Bustle.

Jika pertemananmu kuat sejak remaja, itu mungkin bisa jadi senjata untuk memiliki hubungan yang sehat pada usia ini. Sebenarnya, support individu dari teman-teman di usia 15-17 secara positif, berhubungan dengan dukungan dari pasangan romantis di usia 21. 

Umur 25-30+

Jika kamu memiliki hubungan pertama saat berusia 20-an, itu mungkin menandakan bahwa kamu lebih berhati-hati, terutama dalam menjaga waktu dan ruang dirimu.

“Beberapa (orang) menunggu untuk menjalin hubungan karena mereka takut bagaimana itu akan berdampak negatif terhadap kemerdekaan mereka,” kata Lily Womble. 

Kamu mungkin memilih untuk fokus pada sekolah, atau karier, dan sebagai hasilnya, tidak pernah menemukan waktu untuk berkencan. Menunggu sampai usia ini juga bisa membuat berkencan sedikit lebih sulit, karena banyak orang mulai membuat versi cinta yang ideal di kepala mereka. 

“Sering kali orang yang menunggu lebih lama untuk menjalin hubungan, akan mengembangkan harapan romansa yang tinggi (kadang-kadang tidak realistis) atau memiliki banyak ketakutan di sekelilingnya, menjadi rentan, sehingga mereka menunda untuk menjalin hubungan.”

Namun, menurut Dr. Forshee, orang-orang mulai berkencan pada usia yang berbeda untuk segala macam alasan, baik pribadi maupun eksternal. 

 

Rekomendasi

Terkait