real
        time web analytics

Info

Berapa Waktu Ideal Bertahan dalam Satu Pekerjaan


TOPCAREER.ID – Kamu termasuk orang yang gemar bergonta-ganti kerjaan? Ada yang berpendapat baik, adapula yang sebaliknya terkait hal tersebut. Sebenarnya  berapa lama sih waktu yang ideal untuk bertahan dalam satu profesi? 

Penulis manajemen buku terlaris dan kontributor CNBC Suzy Welch mengatakan, berpindah-pindah pekerjaan bisa merusak resume Anda. Namun, tinggal terlalu lama dalam satu pekerjaan juga bisa berbahaya bagi karier Anda.

"Beberapa tahun lalu ini adalah standar bagi lulusan untuk mendaftar untuk berkarier di sebuah perusahaan. Hari ini, tentu saja, ekonomi berubah terlalu cepat bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan jalur karier yang lebih baik," kata Welch dilansir CNBC Make It.

Menurutnya, hampir tidak ada orang yang mengharapkan pekerjaan pertama mereka, atau hampir semua pekerjaan, menjadi yang terakhir. Dia menilai, batas waktu yang wajar untuk menempuh suatu pekerjaan adalah tiga hingga lima tahun.

"Semakin lama Anda tinggal di satu perusahaan, semakin banyak manajer perekrutan mulai bertanya, dapatkah kandidat ini menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda, kecepatan yang berbeda, cara berbeda dalam melakukan sesuatu?" imbuhnya.

Untuk itu, Anda bisa membuat suatu rencana di setiap tiga tahun pertama Anda bekerja, apakah Anda harus bertahan atau berhenti dari pekerjaan. Hal itu menjadi landasan yang cukup bagi Anda untuk meningkatkan resume Anda.

"Jika Anda memiliki hasrat positif terhadap pekerjaan Anda, maka tetaplah di sana. Tidak ada alasan untuk meninggalkan pekerjaan yang Anda sukai jika memiliki masa depan yang menarik bagi Anda," ujar Welch.

Rekomendasi

Terkait