real
        time web analytics

Info

Berburu Sertifikasi Online Digital Marketing


TOPCAREER.ID – Tak bisa dipungkiri jika digital marketing jadi kebutuhan perusahaan untuk memepertahankan atau mempeluas pasar di era disrupsi ini. Profesi digital marketer rasanya akan sangat seksi. Sementara, untuk meraihnya perlu ilmu yang mumpuni.

Tapi, tenang, karena belajar digital marketing bisa dari mana saja termasuk lewat kelas online demi mendapat sertifikat khusus. Berikut beberapa sertifikasi online yang bisa diikuti terait digital marketing.

YouTube Creator Academy

Bagi yang ingin menjadi kreator andal atau mengembangkan akun bisnis pada channel ini, YouTube menyediakan kelas online untuk mengembangkan channel.  Program yang dinamai YouTube Creator Academy ini terdiri dari beberapa rangkaian topik yang disajikan dalam modul berupa video.

Beberapa topik yang bisa kamu pelajari yaitu cara mendapatkan uang melalui YouTube, menganalisa YouTube analytics, membangun bisnis, serba-serbi hak cipta di YouTube, membuat konten menarik, dan sebagainya.

Google Online Marketing Challenge

Online Marketing Challenge, peserta ditantang untuk membantu organisasi non-profit untuk menjalankan digital campaign dengan modal hingga USD10.000 per bulan dari Google.

Dengan begini, setiap peserta akan mendapatkan pemahaman dengan praktik langsung dan juga modul yang disediakan. Setiap peserta yang ingin mengikuti program ini harus mendaftar dalam bentuk kelompok (3-5 orang) atas nama dosen atau instruktur dari universitas terakreditasi.

Peserta yang terpilih kemudian akan dipasangkan dengan organisasi non-profit dan mulai merancang tujuan, strategi, dan evaluasi online campaign dengan Google Ads. 

Facebook Blueprint

Facebook memiliki banyak sekali fitur khusus bisnis di platform-nya, dan kini hadir juga dengan sertifikasi khusus untuk yang berniat menjadi profesional di platform Facebook. Facebook Blueprint menawarkan 2 sertifikasi untuk Facebook Advertising, yaitu untuk membeli (buying) dan merancang (planning).

Setelah menyelesaikan modul, peserta bisa mengikuti ujian yang berdurasi 75 menit sebelum resmi menjadi pakar Facebook yang bersertifikasi. 

Google Digital Garage

Google menawarkan beragam kelas online mengenai data dan teknologi, digital marketing, serta career development bagi siapapun yang ingin menambah skill. Khusus materi digital marketing, Anda bisa mengikuti sertifikasi khusus dengan mempelajari 26 modul dan mengikuti ujian sertifikasi. Semuanya berbasis online dan gratis, termasuk sertifikat yang akan didapatkan.

Twitter Flight School

Diluncurkan sejak 2014, Twitter Flight School awalnya dirancang khusus para agency untuk memberikan pemahaman seputar bagaimana memaksimalkan engagement dengan pengguna Twitter. Sukses dan diminati, kini Twitter Flight School tersedia untuk para marketer dengan kurikulum yang sudah disusun sedemikian rupa.

 

Rekomendasi

Terkait