real
        time web analytics

Info

Cara Jitu Kendalikan Stres


TOPCAREER.ID – Rutinitas pekerjaan yang menumpuk tak ayal bisa membuat beberapa orang rentan stress. Berikut ini beberapa cara jitu untuk mengendalikan stress dilansir WebMD.

Bicarakan masalah

Jika ada hal-hal yang mengganggu, upayakan untuk membagi atau membicarakannya dengan orang lain yang bisa dipercaya. Hal ini akan membuat kamu lebih lega.

Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang akan membantumu merasa lebih baik. Hal ini juga dapat mengendalikan suasana hati. Makanan yang sehat tentu terdapat sayuran, buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak di dalamnya.

Bersantai

Saat kehidupan begitu sibuk, ingatlah untuk beristirahat sejenak. Lakukan pekerjaan dengan lebih lambat sesekali. Jangan bekerja dikejar waktu dan kecepatan terus-menerus.

Olahraga

Olahraga secara teratur dapat membuat tubuh dan pikiran tetap rileks. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati sehingga kesehatan mental dapat terjaga. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari.

Latihan pernapasan

Ketika stres melanda, ambil waktu sejenak untuk menarik napas dalam untuk menghilangkan tekanan. Kamu akan merasa lebih baik setelah itu.

Istirahat

Kamu perlu merencanakan waktu senggang untuk mengendalikan stres. Kamu akan menanti-nantikan waktu senggang untuk beristirahat dan bersenang-senang, sehingga menjalani aktivitas harian menjadi lebih ringan. Dalam waktu senggang itu, kamu bisa mengisi waktu dengan meditasi, yoga, atau sekadar berdiam diri.

Jangan terlalu keras

Terima kenyataan bahwa kamu tidak bisa melakukan segala sesuatunya sesempurna yang kamu inginkan. Kamu juga tidak bisa mengendalikan segalanya dalam kehidupan. Jadi, berhentilah berpikir terlalu keras dan izinkan dirimu santai sejenak. Jangan lupa untuk tersenyum dan tertawa.

Jalani hobi

Sisihkan waktu untuk hal-hal yang kamu sukai dan lakukan hal tersebut setiap hari. Kamu bisa meluangkan waktu setiaknya 15-20 menit sehari untuk melakukan hobi santai seperti membaca, merajut, bermain golf, menonton film, bermain game, dan lain-lain.