real
        time web analytics

Info

Cara Kelola Makanan Buka Puasa dan Sahur Biar Lebih Sehat


TOPCAREER.ID – Berpuasa sebulan penuh dan menahan hawa napsu yang tidak sehat membuat bulan puasa harusnya jadi momentum untuk hidup sehat. Puasa memberi kesempatan pada sistem pencernaan untuk beristirahat sekaligus menyehatkannya. 

Namun, orang cenderung lalai dalam memilih dan mengelola makanan saat sahur dan berbuka. Tak jarang, berat badan malah bertambah, begitu pula dengan pasien diabetes, gula darah bisa melonjak. Coba simak anjuran pola makan sehat saat berbuka puasa dari Kementerian Kesehatan Qatar, dikutip dari laman Hamad.qa.

Panduan utama:

- Berbukalah dengan kurma

- Masukkan sup dan salad dalam menu makan sahur dan berbuka puasa

- Hindari makanan berlemak dan digoreng, gantilah dengan makanan yang dipanggang atau dibakar

- Hindari makan makanan manis setiap hari selama Ramadan

Panduan makan saat berbuka agar tetap sehat

- Awali berbuka dengan tiga butir kurma dan segelas air

- Lanjutkan dengan makan sup, hindari sup yang creamy dan berlemak, ganti dengan sup sayuran atau sup ayam tanpa cream

- Sesi berikutnya adalah menyantap hidangan pembuka.

Makan hidangan pembuka setelah makan sup akan menyiapkan perut untuk proses mencerna makanan. Karenanya direkomendasikan hidangan pembuka berupa sayuran atau makanan kaya serat dengan sedikit garam.

- Setelah makan hidangan pembuka, Anda bisa makan hidangan utama.

Disarankan untuk makan satu hidangan utama saja saat Ramadan. Terlalu banyak hidangan utama akan memicu seseorang makan berlebih. Hidangan utama ini harus mengandung karbohidrat dan protein yang cukup.

 

Rekomendasi

Terkait