real
        time web analytics

Info

Cara Menghitung Pendapatan Para Youtuber


TOPCAREER.ID – Pendapatan Youtuber bisa dari beragam sumber,seperti endorse, affiliate marketing, dan Youtube Ads itu sendiri. Tapi pernah tahu enggak bagaimana cara menghitung pendapatan Youtuber dari Youtube Ads dan sumber lainnya? 

Nah, untuk mengetahui jumlah pendapatan youtuber dari Youtube ads ada 2 indikator yang bisa digunakan yakni CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click), seperti ditulis dalam laman Money Smart.

Untuk diketahui, CPM sendiri adalah uang yang bakal didapatkan setiap 1.000 penayangan iklan di seluruh video. Di Indonesia sendiri nominalnya sekitar Rp7.000 per seribu tayangan iklan. 

Sementara itu, kalau CPC adalah nominal yang didapetkan setiap 1 orang yang mengklik iklan yang tayang di video Anda. Uang yang bakal ditransfer sekitar Rp5.000 sampai Rp12.000.

Eits, tapi hitung-hitungan itu semua bisa didapat dengan syarat minimal subscriber Anda bertambah 1.000 dalam 1 tahun terakhir dan video kamu tersebut sudah ditonton selama 4.000 jam oleh semua viewers setahun belakangan.

Selajutnya, kalau hitungan lewat metode affiliate marketing jumlahnya sangat bervariasi tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Tetapi presentasenya bisa diperkirakan 0,1 hingga 10 persen dari harga produk yang berhasil terjual.

Sedangkan, pendapatan Youtuber yang bersumber dari cara berjualan, tentu uang yang didapat tergantung berapa keuntungan yang ingin diambil. Semakin terkenal maka semakin gampang juga menjual banyak barang dengan margin yang lebih tinggi.

Yang terakhir ada endorsement, di mana gaji yang didapatkan berdasarkan kesepakatan antara Anda dengan pihak endorser. Biasanya jumlah uang yang masuk ke rekening tergantung seberapa banyak subscriber yang dimiliki. 

Bisa jutaan bahkan ratusan juta kalau kamu udah terkenal banget macam Logan Paul dan Pewdiepie.

 

Rekomendasi

Terkait