real
        time web analytics

Info

Cara Pakai Headphone yang Benar Biar Enggak Tuli


TOPCAREER.ID – Di dunia modern, banyak dari kita mengenakan headphone sepanjang hari, setiap hari. Tetapi para ahli khawatir paparan audio yang terus-menerus diputar langsung ke telinga, bisa menciptakan generasi yang tuli sebelum waktunya. Ada cara pemakaian yang benar untuk mencegah hal itu.

“Kami sangat prihatin. Sebagian besar orang yang bekerja atau bepergian sekarang mengenakan ear buds, Tetapi mereka tidak mengetahui tingkat suara yang mereka hadapi,” kata Profesor David McAlpine, direktur penelitian di Australian Hearing Hub dalam ABC.net.au.

World Health Organisation memperkirakan lebih dari 1 miliar orang muda dalam bahaya gangguan pendengaran dari perangkat audio portabel, termasuk ponsel pintar. Tapi bukan hanya remaja yang berisiko.

Siapa pun yang menggunakan headphone selama lebih dari 90 menit setiap hari dapat membahayakan pendengaran mereka.

“Ketika kerusakan pendengaran dimulai, maka Anda benar-benar dalam perjalanan yang tidak dapat diubah. Jika Anda tidak melindungi pendengaran Anda, Anda akan merusaknya seumur hidup," tutur Profesor McAlpine.

Apakah memerlukan headphone mahal untuk melindungi pendengaran Anda?

Australian Hearing Hub merekomendasikan penggunaan headphone selama tidak lebih dari 90 menit sehari, dan volumenya tidak boleh melebihi 80 persen. Aturan praktis yang baik adalah bahwa jika orang lain dapat mendengar suara yang keluar dari headphone saat Anda memakainya, mereka terlalu keras.

Dan tidak masalah apakah itu death metal atau musik klasik - yang penting adalah volume dan durasi sesi mendengarkan Anda. 

“Kita harus mengambil tanggung jawab pribadi. Tetapi kita juga harus meletakkan tanggung jawab kembali pada produsen headphone untuk menghasilkan barang yang tepat," ucap Profesor McAlpine.

Pasar earphone dan headphone global bernilai sekitar USD12,6 miliar, tetapi diperkirakan akan tumbuh hingga USD20,8 miliar pada tahun 2025.

“Harga tidak benar-benar berkorelasi kuat dengan kualitas suara atau perlindungan, jadi Anda harus sangat berhati-hati dengan apa yang sebenarnya Anda beli,” kata Profesor McAlpine.

Kuncup telinga standar yang disertakan dengan telepon Anda boleh - selama Anda disiplin tentang volume. Tetapi Profesor McAlpine bukan penggemar banyak headphone tebal yang dijual di pasaran karena mereka menekankan bass, mendorong pendengar untuk menaikkan volume.

“Anda harus berpikir tentang mendapatkan headphone peredam bising, karena mereka menghentikan Anda meningkatkan tingkat suara audio untuk mendapatkan di atas kebisingan latar belakang,” katanya.

 

Rekomendasi

Terkait