real
        time web analytics

Info

Cara Peneliti Sembuhkan Seseorang dari Kecanduan Game


TOPCAREER.ID – Daya tarik game saat ini bisa menyedot semua kalangan, yang kadang malah jadi kecanduan. Bahkan, kecanduan game bisa sampai melupakan kegiatan utama. Baru-baru ini peneliti dari Johannes Gutenberg-University Mainz Jerman menemukan sebuah harapan mengatasi kecanduan game. 

Cara yang dimaksud peneliti dalam mengatasi kecanduan game, yakni lewat terapi bicara atau cognitive behavioral therapy (CBT).

Studi ini melibatkan 143 pria Jerman dan Austria yang didiagnosis mengalami kecanduan game dan gawai. Sekitar setengah dari partisipan diajak untuk melakukan CBT. Selama 15 minggu mereka melakukan sesi bersama gamer lain dan terapis.

Sesudah menjalankan terapi tersebut selama 15 pekan, sekitar 50 orang menunjukkan penurunan keinginan bermain gim online.

“Kami menemukan bahwa program CBT kami efektif di seluruh rentang ini, tanpa memandang usia atau pusat perawatan,' tulis para penulis penelitian dalam JAMA Psychiatry seperti dilansir dari Daily Mail.

Sayangnya, tidak diketahui apakah terapi yang sama juga berpengaruh pada perempuan. 

Cognitive behavioral therapy (CBT) merupakan cara yang paling banyak digunakan, dicoba dan terbukti membantu untuk mengubah perilaku. Termasuk perilaku kecanduan game online.

CBT adalah salah satu terapi 'bicara' yang paling umum dan membantu pasien mengidentifikasi akar perilaku bermasalah mereka. Dari situ akan mengembangkan kebiasaan baru yang lebih baik.

World Health Organization (WHO), secara resmi mengakui kecanduan game sebagai masalah mental. Hal ini diumumkan pada Sabtu 25 Mei 2019. Dalam laporan terbaru International Classification of Diseases (ICD), WHO resmi memasukkan kecanduan game ke dalam daftar penyakit modern.

 

Rekomendasi

Terkait