real
        time web analytics

Info

Cara Sederhana Cegah Kantuk di Tempat Kerja


TOPCAREER.ID – Menyebalkan memang kalau kantuk datang ketika volume pekerjaan yang menggunung sudah menanti. Atau ketika meeting dan melakukan percakapan pada orang penting. Tapi kantuk itu bisa diatasi dengan memilih beberapa trik sederhana dari Readers Digest. Mungkin kamu bisa praktikkan di kantor. 

Bernapaslah melalui hidung

Bernapas dengan hidung lebih kecil kemungkinannya untuk menguap, menurut sebuah studi di jurnal Evolutionary Psychology. Hampir setengah dari sukarelawan yang disuruh bernapas melalui mulut mereka, atau tidak diberi instruksi bagaimana bernapas, menguap saat menonton video, tertawa, dan kondisi netral, semuanya akan menguap. Namun , tidak ada peserta yang disuruh bernafas melalui hidung yan menguap. 

Para peneliti menebak bahwa keinginan untuk menguap ada ketika otak menjadi terlalu hangat, dan bernapas melalui hidung membantu mendinginkannya.

Santai 

Bagian kedua dari penelitian di Evolutionary Psychology tentang cara menghentikan menguap, yakni mengambil pendekatan yang lebih langsung dengan mendinginkan otak. Turunkan termostat, atau ambil camilan dingin seperti semangka jika ingin dingin. 

Batuk

Jangan menahan diri dan dengan tenang menjernihkan tenggorokan ketika Anda perlu tahu cara berhenti menguap — batuk dengan sengaja dan kuat. Mungkin karena napas dalam-dalam yang Anda ambil sebelumnya, batuk dapat membantu memutus siklus menguap. Paling tidak, itu bisa menutupi menguap yang menampilkan kesan membosankan pada Anda.

Pergi ke luar

Menghabiskan waktu yang lama di tempat yang sama, seperti di depan komputer, bisa membuat Anda bosan, membuat Anda merasa mengantuk dan bertanya-tanya bagaimana cara berhenti menguap. Perubahan singkat lingkungan bisa menghilangkan kebosanan. Keluarlah, bahkan hanya beberapa menit, untuk merangsang tubuh Anda dengan udara segar.

Minum air

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda mungkin mulai merasa lelah. Minum segelas besar air untuk rehidrasi dan melawan keinginan untuk menguap.

 

Rekomendasi

Terkait