real
        time web analytics

Info

Cara Tangkal Penyakit Saat Puasa


TOPCAREER.ID — Puasa dipercaya dapat membuat tubuh sehat. Namun guna memperkuat daya tahan tubuh saat puasa, beberapa ahli menyarankan hal berikut ini.

Penyakit yang biasa muncul saat Ramadan misalnya sakit kepala, dehidrasi, atau badan lemas yang membuat kesulitan beraktivitas. Dokter Spesialis Gizi dan Klinik, dr. Jovita Amelia menyebutkan kalau penyakit tersebut muncul karena konsumsi cairan saat bulan puasa sangat berkurang derastis.

Penyakit-penyakit ini paling berisiko pada mereka yang melewati sahur sehingga tidak ada cadangan air sama sekali yang masuk ke dalam tubuh sebelum berpuasa.

“Yang bisa terjadi sakit kepala karena gak sahur, lupa minum, lagi puasa tapi aktivitas banyak diluar, jadi dehidrasi jadi lemes juga deh nantinya,” ujar dr. Jovita..

Perbanyak air putih dibandingkan minuman seperti teh dan kopi saat sahur karena dua minuman tersebut mengandung diuretik yang cepat bikin haus sehingga bisa memancing dehidrasi.

Kemudian hindari juga makanan yang banyak mengandung garam dan minyak karena juga lebih cepat membuat haus,

“Ketika sahur jangan minum kopi dan teh ada diuretik bikin dehidrasi, makin haus ganggu puasa kita. Juga jangan makan yang banyak garam, gorengan, karena sama menarik air,” kata dr. Jovita.

Adapun makanan yang disarankan adalah makanan berserat seperti buah dan sayur yang banyak mengandung air sehingga menambah cadangan air dalam tubuh.

“Jangan lupa sahur serat, harus cukupi cairan, gejala parah harus diperhatikan segera konsultasikan dengan dokter, tapi itu bisa terhadi karena kurang sayur dan buah juga,” ujarnya.

Rekomendasi

Terkait