real
        time web analytics

Info

Cari Muka Sama Bos


TOPCAREER.ID - Sangat wajar jika dalam karier, kamu ingin dilirik oleh si bos. Tetapi tak jarang orang menjilat bos demi perhatian. Simak cara ini buat kamu yang mau tampil depan bos tanpa harus menjilat. 

Berperan aktif

Tips karier yang satu ini untuk mengingatkan kamu, bahwa kamu harus lebih aktif bukan hanya dari segi performa tapi juga mengkomunikasikan harapan - harapanmu.

Tidak ada salahnya berkomunikasi kepada si bos mengenai harapan dan ketertarikanmu kedepannya. Berperan aktiflah dalam menentukan jenjang karirmu sendiri. Karena bukan hanya si bos yang tidak bisa membaca pikiranmu, kamu juga tidak bisa hanya mengandalkan performa kerja untuk dapat perhatian dari si bos. 

Konsisten & dapat diandalkan

Hal - hal kecil yang seringkali luput dari kesadaran diri, sebenarnya menjadi penilaian penting untuk si bos. Apakah kamu selalu menyelesaikan apa yang dijanjikan si bos sebelum deadline, apakah kamu selalu datang tepat waktu, dan juga hal kecil seperti membalas email. Apakah kamu sudah bertanggung jawab terhadap hal - hal kecil yang menjadi tugas kamu di kantor?  

Menunjukan kekonsistenan dapat mempengaruhi pandangan bos terhadap dirimu di kantor. Ketika bosmu melihat kamu orang yang konsisten dan dapat diandalkan, pastinya kamu akan menjadi orang yang selalu ditunjuk olehnya.

Jangan beralasan

Pernah mengalami situasi dimana kamu melakukan kesalahan yang memang kesalahanmu tetapi kamu beralasan kepada si bos? Alangkah baiknya kamu menunjukan si bos bahwa kamu bertanggung jawab terhadap kesalahan yang kamu buat. 

Contoh simpelnya, kamu telat menghadiri meeting internal dengan divisimu karena kamu harus menyiapkan berkas yang baru saja diterima. Daripada kamu beralasan atas kesalahan tersebut di depan bos dan rekan kerjamu, sebaiknya cukup dengan mengatakan 'maaf saya telat, silahkan lanjutkan saja. Setelah selesai saya akan mengejar ketertinggalan saya.'

Hindari melakukan komplain

Ketika ada permasalahan yang melanda, memang lebih mudah untuk mengadukannya dan mengeluhkannya ke atasan. Sebaiknya simpan keluhanmu,  sekarang cobalah mulai mencari solusi atau menjadi solusi terhadap masalah tersebut. 

Mulailah menyusun kalimat yang menunjukan bahwa kamu meminta tolong untuk membenarkan suatu masalah dibandingkan menuduh dan menyalahkan masalah tersebut. Sederhananya, berkatanya 'Saya akan sangat menghargai bantuannya dalam mencari tahu cara bekerja lebih baik dengan divisi marketing dibandingkan jika kamu menuduh atas pekerjaan si marketing.

Rekomendasi

Terkait