real
        time web analytics

Info

Cedera Vokal yang Sering Hantui Penyanyi, Apa Sebabnya?


Penyanyi, Adele. (Getty)

TOPCAREER.IDVocal injuries atau cedera vokal merupakan kendala atau “penyakit” yang sering dialami oleh para penyanyi. Cedera vokal tak hanya menghampiri mereka yang minim ilmu soal vokal yang sehat, tapi juga penyanyi dengan jam terbang yang luas. 

Lihat kasus Adele yang pernah membatalkan turnya lantaran pendarahan vokal sehingga harus menjalani operasi. Adele membatalkan sisa dua pertunjukan residensi empat malam yang terjual habis di Stadion Wembley pada Juni 2017, setelah dokter mengatakan kepadanya bahwa dia telah merusak pita suaranya.

Meghan Trainor dan Sam Smith juga menjalani operasi penyelamatan karier di usia 20-an. Kelelahan vokal juga memengaruhi amatir.

Apa Kata Dokter?

Cedera vokal lebih sering terjadi pada penyanyi yang belum belajar secara formal. Tapi untuk penyanyi terlatih biasanya terjadi jika mereka telalu sering bernyanyi. Sebagian besar cedera ini disebabkan oleh cara para performer ini menggunakan suara mereka, dan perawatan diri atau pelatihan yang lebih baik bisa mencegah mereka.

Konsultan telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) di Rumah Sakit Bustamante untuk Anak-Anak, Dr. Marsha James mengatakan bahwa penyanyi harus mempraktikkan rezim suara yang sehat, yang mencakup istirahat suara. 

Ada dua pita suara  yang terdiri atas otot-otot yang terletak di laring (kotak suara). Ketika udara melewati pita suara, ia menghasilkan getaran, yang membentuk suara. Semakin besar getaran, semakin tinggi nada. 

Dr. James menyampaikan, penyanyi dapat mengembangkan nodul pita suara (kecil, pembengkakan keras) karena gesekan yang berlebihan. Ini muncul di kedua kabel dan mungkin memerlukan pengangkatan secara bedah. 

Polip pita suara adalah pembengkakan lunak dan cenderung muncul hanya pada satu pita suara, yang mungkin memerlukan pembedahan juga. Ada juga tukak kontak (luka kecil atau erosi) dan radang tenggorokan, yang merupakan peradangan pita suara. Lebih baik menghindari perkembangan komplikasi daripada mencoba mengobatinya.

“Istirahat suara sangat penting untuk mengurangi trauma pada pita suara," katanya kepada The Sunday Gleaner. “Hindari berteriak, menjerit, atau berbisik, dan kurangi penggunaan suara di antara pertunjukan. Jangan bernyanyi jika suara lelah atau telah berubah.”

Dia mengatakan bahwa penyanyi harus meningkatkan asupan air mereka dan menghindari merokok dan penggunaan berlebihan kafein dan alkohol, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Dia merekomendasikan penggunaan pelembab udara, terutama di daerah beriklim dingin atau kering.

Rekomendasi

Terkait