real
        time web analytics

Info

Coba Hindari 10 Kata Ini di CV


TOPCAREER.ID – Untuk meraih simpati dari HRD perusahaan dalam melamar kerja, CV merupakan jembatan terbaik untuk meraih hal itu. Sehingga, penulisan CV ini tak bisa sembarangan, apalagi dalam penggunaan kata. Coba hindari beberapa kata berikut ini demi CV yang baik dan tidak berlebihan.

Dalam laman Cosmopolitan UK, jejaring sosial profesional LinkedIn memaparkan sejumlah kata yang digunakan secara berlebihan pada CV saat melamar kerja. Daftar disusun berdasarkan pantauan selama 12 bulan terakhir terhadap 21 juta pengguna LinkedIn di Inggris Raya. 

Dalam daftar itu, peringkat pertama diisi oleh kata "spesialisasi." Berada di bawahnya adalah "kepemimpinan" dan "berpengalaman." 

“Bahasa yang kita gunakan menjelaskan banyak hal tentang diri kita. Dengan demikian, penting untuk memilih kata-kata dengan hati-hati, khususnya dalam konteks profesional," kata Christopher Sandford, seorang penulis biografi yang bekerja sama dengan LinkedIn. 

Berikut adalah 10 kata yang harus dihindari saat melamar kerja atau dalam profil LinkedIn Anda. 

- Spesialisasi 

- Kepemimpinan 

- Berpengalaman 

- Memiliki passion atau minat 

- Strategis 

- Luar biasa 

- Fokus 

- Kreatif 

- Antusias 

- Sukses

Sandford menyampaikan, seringkali kita bersembunyi di balik jargon-jargon yang sama sekali tak bermakna. Tujuannya beragam, apakah ingin membuat segala sesuatunya sederhana atau kita tak cukup percaya diri untuk membicarakan tentang prestasi kerja. 

Menurut Sandford, apabila ingin menggunakan kata atau jargon tertentu, maka sertakan juga contoh yang menegaskan poin tersebut. Ia juga menyarankan untuk menggunakan kata-kata pembuka yang kuat, untuk memastikan Anda adalah kandidat yang memenuhi kualifikasi. 

 

 

Rekomendasi

Terkait