real
        time web analytics

Info

Daftar Font yang Baik Digunakan untuk Resume


TOPCAREER.IDResume atau curriculum vitae (CV) yang baik, tentu yang bisa menarik mata para tim HRD (human resources department) dalam hitungan detik. Nah, pemilihan font juga ikut andil menentukan apakah CV yang kamu kirim itu bisa dibaca oleh perekrut atau tidak.

"Kami hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama, jadi ketika seseorang membuka (resume), delapan atau sembilan detik pertama adalah kesan pertama. Jika font itu tidak menarik dan enak dilihat, orang itu meng-klik dokumen dan kandidat bersulang,” kata Pelatih Karier, Steven Davis.

Nah, berikut beberapa jenis font yang dianggap paling baik untuk CV atau resume menurut beberapa ahli karier.

1. Calibri

Setelah menggantikan Times New Roman sebagai font default Microsoft Word, Calibri adalah pilihan yang sangat baik untuk font sans-serif yang aman dan dapat dibaca secara universal. Davis mendeskripsikan tipenya sebagai "font of choice" ketika bekerja dengan klien. 

2. Cambria

Jenis huruf ini dirancang untuk  memudahkan membaca di layar dan terlihat bagus saat dicetak dalam ukuran kecil. Christian Eilers, seorang ahli resume di Zety, mengatakan bahwa font itu adalah pilihan yang bagus untuk resume dan surat pengantar, meskipun itu sering dianggap opsi yang lebih tradisional.

3. Garamond

Pencari kerja yang mencari font gaya lama mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan Garamond pada resume mereka. Menurut Cleverism, jenis huruf ini adalah pilihan bagus untuk resume akademik dan bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun.

4. Didot

Jika Anda bekerja di industri kreatif seperti mode atau fotografi, Anda dapat memamerkan gaya dan kecanggihan Anda dengan Didot. Namun, penulis Janie Kliever memperingatkan para pencari kerja, font ini akan tampil paling baik pada ukuran yang lebih besar, misal untuk judul di resume. 

5. Georgia

Sebuah infografis Colorado Technical University di Mashable direkomendasikan menggunakan Georgia karena keterbacaannya. Font ini dirancang untuk dibaca di layar dan tersedia di komputer mana pun.

6. Helvetica

Font bersih, modern, sans-serif ini adalah favorit di kalangan desainer dan tipografi. Helvetica muncul dalam berbagai logo merek perusahaan (Jeep, Panasonic, dan Lufthansa). Dalam sebuah artikel tentang Bloomberg Business, pakar tipografi Brian Hoff dari Brian Hoff Design mendeskripsikan font ini sebagai profesional, ringan dan jujur.

7. Arial

Jika Anda ingin menggunakan font sans-serif, Arial dianggap oleh banyak orang sebagai taruhan teraman. Barbara Safani, penulis resume eksekutif, pelatih karier, mengatakan kepada AOL Jobs bahwa dia suka melihat huruf Arial karena garisnya bersih dan mudah dibaca. 

8. Book Antiqua

Berdasarkan font Palatino klasik, Book Antiqua memiliki gaya "khas dan lembut" yang sangat bagus untuk orang yang ingin menggunakan font serif tanpa harus bergantung pada Times New Roman yang sering disalahartikan. 

9. Trebuchet MS

Pencari kerja yang menginginkan jenis huruf sans-serif tetapi tidak ingin menggunakan Arial atau Verdana dapat beralih ke Trebuchet MS. Menurut ZipJob, font ini dirancang khusus agar tampil baik di layar. Ini juga sedikit lebih bertekstur dan modern daripada banyak font resume tradisional.

 

Rekomendasi

Terkait