real
        time web analytics

Info

Daftar Kesalahan dalam Digital Marketing


TOPCAREER.ID – Meski dibarengi dengan kecanggihan teknologi, berkembangnya industri digital marketing masih diisi kesalahan dari para pelakunya. Nah, berikut beberapa kesalahan umum yang dilakukan dalam proses digital marketing

Seperti dilansir ari laman International Design School, setiap poin yang disebutkan saling berkaitan dan semuanya memiliki peran yang relatif sama pentingnya dalam pelaksanaan digital marketing campaign.

Menetapkan Target Audience yang Rancu

Target audience yang tidak ditetapkan secara spesifik adalah awal mula dari kegagalan dalam melaksanakan digital marketing. Mengetahui demografi konsumen adalah hal krusial karena campaign digital marketing membutuhkan informasi detail yang berimplikasi pada efektivitas pelaksanaannya.

Menetapkan target audience secara spesifik juga berguna untuk menelaah pola traffic digital, leads dan tingkat kesuksesan interaksi yang terjalin antara perusahaan dan konsumen yang dibagi secara kategoris. 

Setelah mendapatkan informasi yang mendetail dan komprehensif, maka perusahaan bisa merancang strategi campaign digital marketing untuk masa mendatang dengan lebih terarah.

Tidak Menetapkan Goals yang Diperlukan

Hampir sama dengan target audience, penetapan goals yang tidak akurat mengakibatkan campaign digital marketing yang tidak efektif. Tujuan dari sebuah aktivitas pemasaran yang jelas akan menjadi barometer kesuksesan pelaksanaannya. Perubahan angka yang terjadi dalam aktivitas media sosial, website dan e-mail tak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki patokan yang spesifik.

Secara praktis, mengetahui goals akan membantu perusahaan saat ingin mengubah strategi pemasaran ditengah pelaksanaannya atau menambah jumlah pekerja atau intensitas konten. Jadi, ada baiknya menetapkan goals sebelum menentukan strategi pemasaran, bukan sebaliknya.

Tidak Mengerti Data yang Dihimpun

Setelah perusahaan menelaah data yang tepat, maka prioritas dalam digital marketing campaign akan lebih jelas dan eksekusinya lebih terarah. Perkembangan teknologi memungkinkan siapapun untuk mengolah data dengan software yang dalam sekejap menyortir data sehingga pengambilan kesimpulan taktis akan berjalan lebih cepat. 

Dengan kombinasi data, key performance indicator (KPI) dan penyesuaian strategi berdasarkan tren yang terus berubah, maka campaign akan berjalan dengan ampuh.

Selalu Mengikuti Tren

Patut diingat bahwa terdapat batas tipis antara mengikuti tren dan hanya ikut-ikutan saja. Sebuah langkah marketing yang salah dapat merusak brand. Bahkan reputasi sebuah perusahaan bisa cedera dan secara otomatis menurunkan nilai produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Ketahuilah apa nilai kuat yang ingin ditonjolkan oleh perusahaan. Dengan demikian citra perusahaan tak akan bergeser ke arah negatif hanya karena keputusan impulsive yang berdasar tren.

 

Rekomendasi

Terkait