real
        time web analytics

Info

Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Wawancara Beasiswa


TOPCAREER.ID – Pada tahapan  wawancara dalam proses pengajuan beasiswa mungkin beberapa pertanyaan akan sangat menguji yang mampu menunjukkan kepribadian Anda. Kira-kira ini daftar pertanyaan yang sering muncul saat wawancara pengajuan beasiswa yang dirangkum dari beragam sumber. 

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Ini merupakan mantra 60 detik Anda yang menyoroti keahlian khusus Anda, minat, dan bagaimana mereka berkaitan dengan beasiswa. Tetap buat pendek dan manis. Jika mereka ingin mengetahui lebih detail atau spesifik, mereka akan bertanya.

2. Bagaimana Anda akan Menggunakan Beasiswa Tersebut

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan ini dengan rincian biaya bulanan dalam portofolio Anda. Anda dapat memasukkan kolom seperti uang sekolah, buku, hidup, transportasi, dan makanan untuk menunjukkan potensi pengeluaran Anda dan kemudian mengalokasikan dana beasiswa sesuai. 

3. Ceritakan Tentang Kekuatan Terbesar Anda

Pilih kualitas yang Anda rasa paling kuat dan berikan contoh dan cerita spesifik mengapa itu penting. Jika Anda seorang penulis yang hebat, bicarakan saat tulisan Anda berdampak. Jika Anda seorang atlet hebat, ikat pengalaman atau pencapaian tertentu dengan kekuatan Anda dalam kinerja atletik.

4. Apa Kelemahan Terbesar Anda

Ini adalah saat yang tepat untuk berbicara tentang bagaimana Anda mengatasi kelemahan Anda dan mencapai kesuksesan, atau menemukan cara berbeda untuk mendekati masalah.

5. Jelaskan Kesalahan Terbesar Anda

Sama seperti jawaban Anda di atas, pilih pengalaman tertentu di mana ada moral positif pada cerita. Bicarakan kesalahan itu, tetapi habiskan lebih banyak waktu dalam respons Anda untuk membahas bagaimana kesalahan itu membantu Anda belajar, tumbuh, dan berkembang sebagai pribadi.

6. Mengapa Anda Pantas Menerima Beasiswa ini?

Jawaban Anda harus mencakup informasi tentang apa yang membuat Anda unik, dan bagaimana kesuksesan masa lalu Anda akan memberi kesuksesan masa depan Anda. Katakan kepada mereka mengapa Anda adalah investasi yang baik, dan beri mereka narasi untuk mendukung klaim Anda.

7. Di Mana Anda Melihat Diri Anda dalam Lima/Sepuluh/Dua Puluh Tahun

Mereka ingin memastikan bahwa lima tahun dari sekarang Anda tidak lagi melihat diri Anda sebagai sarjana. Tidak apa-apa untuk bermimpi besar, tetapi juga penting untuk memasukkan bagaimana beasiswa akan memfasilitasi kesuksesan Anda dalam mencapai itu. Beri tahu mereka mengapa uang mereka penting.

8. Siapa Role Model di Kehidupan Anda

Pilih seseorang yang menginspirasi Anda, dan berbicara tentang bagaimana kehidupan, tindakan, atau prestasi mereka telah mendorong Anda untuk berhasil. Apa yang telah Anda pelajari dari mereka, dan mengapa itu penting?

9. Ceritakan Tentang Pengalaman Kepemimpinan Anda

Ingatlah, bahkan jika Anda tidak pernah memegang jabatan atau fungsi kepemimpinan formal, Anda mungkin masih memiliki contoh di mana Anda memimpin kelompok atau tim menuju kesuksesan.

10. Apa Buku/Film/Lagu Favorit Anda

Pilih yang bermakna bagi Anda karena alasan tertentu, dan diskusikan alasannya. Apakah karakter tertentu berhubungan atau memotivasi? Apakah lirik tertentu membuat Anda ingin menaklukkan dunia? Untuk sebagian besar wawancara, hal-hal spesifik yang Anda pilih tidak penting, tetapi menarik hubungannya dengan mengapa itu penting bagi Anda.