real
        time web analytics

Info

Desainer iPhone Resign, Apple Kehilangan Rp127 Triliun


TOPCAREER.ID – Chief Design Officer Jonathan Ive atau akrab disapa Jony Ive resmi mengundurkan diri dari Apple setelah puluhan tahun mengabdi. Sosok sepenting Ive di jajaran perusahan teknologi sebesar Apple, membuat ia bernilai sekitar USD9 miliar atau setara Rp127 triliun.

Nilai itu berdasar pasar saham seperti dilaporkan Bloomberg. Setelah pengumuman mundurnya Ive, saham Apple sempat jatuh dan kehilangan sekitar USD9 miliar. Itulah nilai pasar yang hilang dari Apple ketika sahamnya merosot lebih dari 1 persen pada Kamis (27/6).

Menurut analis Wedbush, Daniel Ives, Ive telah menjadi salah satu tokoh paling penting di Apple selama menjabat 27 tahun. Bahkan ia mengungkapkan tidak akan ada yang bisa menggantikan sosok Ive di Apple.

“Ive telah meninggalkan lubang di perusahaan dan jelas tak tergantikan," katanya, seperti dikutip Bloomberg.

Sementara itu, CEO Apple Tim Cook mengaku sangat senang telah bekerja sama dengan Ive dan menghargai keputusannya. Ke depannya, Cook berharap bisa terus bekerja sama dengan Ive untuk menciptakan produk-produk terbaik. 

“Apple akan terus mendapat manfaat dari bakat Jony dengan bekerja secara langsung dengannya di proyek-proyek eksklusif, dan melalui kerja berkelanjutan dari tim desain yang brilian dan bersemangat yang telah ia bangun," kata Cook, dalam siaran pers Apple.

Terlebih, Ive masih berhubungan erat dengan Apple dan masih menjalin kerja sama lewat perusahaan barunya LoveFrom.

Ive sendiri mulai memimpin tim desain Apple pada tahun 1996 dan pada tahun 2012 juga bertanggung jawab atas desain software seperti iOS.

Ive membantu merancang desain iMac pertama, dengan ciri khas bentuk gelembung plastik bening. Setelah iMac, ia memainkan peran penting dalam produk Apple lain seperti iPhone, iPod, iPad, hingga Apple Store.

Alasan mundurnya Ive dari Apple adalah ia ingin membangun perusahaan desain bernama LoveFrom dengan koleganya desainer terkenal Marc Newson. Ive akan resmi mengundurkan diri dalam waktu dekat pada tahun ini, dan LoveFrom akan mulai beroperasi pada 2020, di mana Apple akan menjadi klien pertamanya.

 

Rekomendasi

Terkait