real
        time web analytics

Info

Efek Mengerikan Jika Terlalu Lama di Depan Layar


TOPCAREER.ID – Tidak bisa disangkal bahwa konsumsi seseorang terhadap gadget dalam dekade terakhir meningkat, sehingga lama waktu untuk melihat layar pun bertambah. Jelas hal itu punya efek tersendiri, bahkan yang paling menyeramkan bisa berujung kematian. 

Faktanya, sebuah laporan Nielsen 2014 menemukan bahwa orang dewasa mencatat total sekitar 11 jam waktu layar sehari. Di bawah ini adalah berbagai efek negatif yang mungkin akan menjangkit dirimu ketika menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar berdasar Care Well Urgent Care.

Lebih banyak waktu layar = berat badan nambah

TV dua jam sehari bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung pada orang dewasa. Kemungkinan ada beberapa faktor yang harus disalahkan, termasuk gaya hidup yang kurang gerak, kurang tidur, dan umumnya kebiasaan makan yang buruk ketika asyik menonton.

Masalah penglihatan

Melihat layar untuk waktu yang lama dapat menyebabkan “sindrom penglihatan komputer.” Gejala-gejalanya: tegang, mata kering, pengelihatan kabur, dan sakit kepala.

Nyeri leher dan punggung kronis

Postur yang buruk saat menggunakan layar dapat menyebabkan sakit leher, bahu, dan punggung kronis.

Sulit tidur 

Studi menghubungkan penggunaan komputer dan smartphone yang sering dengan masalah tidur yang meningkat. Cahaya biru dari perangkat digital menekan hormon melatonin yang mendorong tidur, membuat kita tidak bisa tidur nyenyak.

Fungsi kognitif terganggu

Studi pencitraan kognitif telah menemukan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar akan menyebabkan pemrosesan informasi kurang efisien.

Mungkin akan meninggal lebih awal

Penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan waktu yang signifikan dengan layar - apakah itu TV, komputer atau tablet, menurunkan kesehatan jantungmu dan meningkatkan risiko kematian.

 

Rekomendasi

Terkait