real
        time web analytics

Info

Empat Rahasia Bikin Resume untuk Google dan Amazon


TOPCAREER.ID – Jika Anda ingin bekerja di perusahaan teknologi besar, seperti Google atau Amazon, bersiaplah untuk antre. Jutaan aplikasi diajukan setiap tahun, namun sayang, kebanyakan dari mereka tidak pernah sampai ke tangan manajer perekrutan, semua berkat resume yang ditulis dengan buruk.

Penulisan resume adalah proses yang teliti dan melelahkan, dan banyak pekerjaaan besar seperti Microsoft, Google dan Amazon. Peter Yang, CEO ResumeGo punya 4 aturan sederhana untuk menulis resume yang bisa meningkatkan peluang untuk direkrut:

1. Optimalkan untuk sistem pelacakan pelamar

Semakin besar perusahaan, semakin besar kemungkinan menggunakan sistem pelacakan pelamar untuk memindai resume untuk kata kunci dan kualifikasi. Dan dengan ribuan pelamar untuk setiap daftar pekerjaan, Anda dapat bertaruh bahwa resume Anda akan dibuang jika gagal memenuhi standar mereka. 

Agar hal ini tidak terjadi, pastikan untuk memasukkan frasa dan kata kunci yang sama yang disebutkan dalam deskripsi pekerjaan. Penting juga bagi Anda untuk tetap menggunakan format sederhana - menggunakan template mewah, over-the-top dapat mencegah sistem mem-parsing dengan benar melalui resume Anda.

2. Jangan repot-repot menyebutkan soft skill

Bahkan jika Anda seorang "komunikator yang kuat" dengan "etos kerja yang tak tergoyahkan" dan "kemampuan untuk berkembang di bawah tekanan," menyebutkan jenis soft skill ini dapat merugikan Anda. 

Ingat, perusahaan-perusahaan ini mencari “the cream of the crop” (yang terbaik dari yang terbaik), dan secara default, mereka akan mengharapkan Anda untuk memiliki semua keterampilan lunak yang diperlukan. Akan jauh lebih baik untuk menunjukkan soft skill Anda adalah selama fase wawancara dari proses perekrutan.

3. Sertakan profil LinkedIn Anda

Banyak perekrut di perusahaan top bahkan tidak akan menganggap Anda sebagai kandidat serius kecuali mereka melihat akun LinkedIn aktif terdaftar dan hyperlink di bagian atas resume Anda. Mengapa? Mereka ingin tahu bahwa Anda berkomitmen penuh untuk mencari pekerjaan Anda. 

Setiap kandidat yang tidak memiliki profil LinkedIn, terutama di zaman sekarang ini, jelas tidak berada dalam lingkaran mereka. Atau berpikir bahwa karier bukan hal serius. 

4. Bicaralah dengan nilai-nilai inti perusahaan

Perusahaan yang paling sukses memiliki nilai inti yang mapan, jadi penting untuk melakukan riset dan mengirimkan resume yang selaras dengan nilai-nilai mereka. Ambil Google, misalnya: Tour di sekitar kantor mereka yang unik dan Anda dapat melihat seberapa besar perusahaan tersebut menekankan kreativitas dan otonomi. 

Itu berarti Anda ingin melukis diri sendiri sebagai seseorang yang memiliki nilai-nilai inti yang sama. Alih-alih menggambarkan situasi di mana Anda telah mengatur secara mikro bawahan di masa lalu, Anda jauh lebih baik menyebutkan waktu Anda memberdayakan tim Anda untuk berhasil sendiri.

 

Rekomendasi

Terkait