real
        time web analytics

Info

Facebook Kesulitan Rekrut Karyawan


TOPCAREER.ID – Mungkin dengan nama yang besar dan dikenal karena memiliki valuasi yang tinggi, perusahaan seperti Facebook tak akan kesulitan merekrut karyawan. Tapi nyatanya sepanjang 2018 lalu, tingkat penerimaan calon pekerja Facebook menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Di Facebook, pekerja magang saja diganjar bayaran USD8.000 atau sekitar Rp115 juta. Sedangkan untuk pekerja tetap (fulltime), mengutip situs pencari kerja di Amerika Serikat, Facebook menawarkan gaji pokok sebesar USD120.000 atau sekitar Rp 1,7 miliar per tahun.

Di luar gaji pokok, Facebook juga menawarkan kompensasi berupa insentif dan bonus rata-rata Rp150 juta atau mencapai Rp2,2 miliar.

“Facebook memiliki sistem sendiri untuk menentukan kompensasi, yang memperhitungkan faktor-faktor seperti kategori pekerjaan, tingkat pengalaman, dan lokasi kerja,” kata Vice President untuk urusan Human Resources di Facebook, Janelle Gale.

Mengutip konsultan rekrutmen pernah bekerja untuk Facebook, CNBC mengungkapkan penerimaan calon pekerja terhadap tawaran dari Facebook ternyata menurun.

Jika pada rentang 2017-2018, 85 persen calon pekerja menerima tawaran Facebook. Maka pada Desember tahun lalu turun menjadi 35 hingga 55 persen saja. 

Tren penurunan ini terjadi, setelah Facebook dibelit skandal Cambridge Analytica, menyangkut pembocoran data penggunanya. Sejak kasus itu, calon pekerja Facebook cenderung mempertanyakan secara kritis, aturan privasi perusahaan terkait data pekerja dan penggunanya.

Hingga kini, kredibilitas Facebook masih lemah akibat skandal Cambridge Analytica. Akibatnya, sejumlah kandidat menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan yang sebelumnya dianggap sebagai tempat terbaik untuk bekerja di Amerika Serikat.

Setiap tahun, Facebook merekrut ribuan pekerja berbakat, khususnya programmer dan developer perangkat lunak. Sekolah-sekolah dengan lulusan IT berbakat seperti Stanford University, Carnegie Mellon University, serta perguruan-perguruan tinggi yang terhimpun dalam Ivy League, menjadi incaran pencari bakat dari Facebook.

Penurunan minat terbesar datang dari Carnegie Mellon University, di mana tingkat penerimaan menjadi karyawan baru di Facebook, turun menjadi 35 persen. Padahal dalam merekrut talenta terbaik, Facebook harus bersaing dengan perusahaan teknologi terkemuka lainnya seperti Google, Apple, Amazon, dan Microsoft.

 

Rekomendasi

Terkait