real
        time web analytics

Info

Food Scientist Beberkan Hal Salah yang Sering Dilakukan Soal Makanan


TOPCAREERID – Tidak mencuci buah segar yang dipetik langsung, jadi salah satu hal buruk yang bisa dilakukan siapa saja terkait dengan makanan. Masih ada banyak hal buruk lainnya yang mungkin umum dilakukan semua orang, namun malah disepelekan.

Robert Gravani, profesor emeritus ilmu pangan di Cornell University, berbicara dengan NBC News BETTER tentang beberapa hal terburuk yang mungkin kita semua lakukan terhadap makanan.

Tidak mencuci buah: berisiko

Katakanlah Anda mengambil tomat dari kebun halaman belakang Anda, atau Anda mendapatkan semangka yang lezat dari pasar petani. Anda tahu dari mana tomat itu berasal. Sebelum memotongnya untuk dimakan, please cuci dulu.

“Kesepakatannya adalah semua produk yang Anda beli baik di pasar eceran atau petani atau bahkan di kebun rumah Anda harus dicuci," kata Dr. Gravani. 

“Ketika kamu memotongnya dengan pisau kamu akan menyeret apapun [yang ada di kulit] saat kamu memotong dagingnya. Ingatlah bahwa produk ditanam di tanah dan tentu saja di lingkungan yang kita miliki sekarang (bahkan ketika) petani berusaha mengurangi risiko kontaminan bakteri, sesekali kita melihat masalah di mana ada yang tidak beres.”

Untuk mengurangi risiko masuknya bakteri, cuci dengan air dingin yang mengalir dan keringkan dengan handuk bersih atau handuk kertas. Untuk melon atau mentimun, gunakan sikat produk bersih untuk menyikatnya. Terutama seperti melon karena banyak makhluk dapat bersembunyi di sana.

Pizza yang didiamkan semalaman: berisiko

“Anda tahu apa yang dikatakan USDA," kata Dr. Gravani. “Tidak ada yang ajaib tentang pizza. Lebih dari dua jam pada suhu kamar harus dibuang.”

Ia melanjutkan, apa yang biasanya terjadi adalah beberapa orang tidak melihat efek buruk sehingga mereka pikir tidak apa-apa, katanya. Tetapi hanya karena Anda sudah beruntung sejauh ini tidak berarti Anda baik-baik saja.  "Organisme yang menyebabkan penyakit bawaan makanan bervariasi dari sangat ringan hingga signifikan.”

Anda memanggang steak dan meletakkannya kembali di piring yang sama: sangat berisiko

Itu terjadi lebih dari yang Anda pikirkan, kata Dr. Gravani. Dia melihat, pada kenyataannya, ketika di sebuah barbekyu seseorang mengeluarkan daging mentah di atas piring dan ingin mengembalikan daging yang sudah dimasak itu. 

“Tentu saja makanan mentah yang berasal dari hewan mengandung patogen," katanya. 

Jadi, membiarkan makanan yang akan Anda makan menyentuh daging mentah adalah sesuatu yang pasti buruk. Tidak hanya itu, tambahnya, Anda harus memasaknya dengan seksama. 

“Berapa banyak orang yang memiliki termometer? Langsing menjadi tidak ada sehingga semuanya mengembang dan kita tahu hamburger yang kurang matang menyebabkan penyakit. Bakteri tidak tahu perbedaan di pertanian kecil atau menengah atau besar, atau organik atau konvensional.”

 

Rekomendasi

Terkait