real
        time web analytics

Info

Frekuensi Olahraga yang Ideal


TOPCAREER.ID – Malas berolahraga bakal bikin tubuh tidak bugar, dan kesehatan pun tak terjaga. Tapi, berolahraga secara berlebihan juga punya efek negatif. Olahraga yang terlalu sering bisa bikin badan pegal-pegal, serta efek buruk lainnya. Jadi berapa frekuensi olahraga yang tepat ya?

Berapa sering atau berapa lama kita berolahraga tergantung pada tujuan kebugaran yang ingin dicapai. Namun, pelatih pribadi Tom Mans mengemukakan, ada prinsip umum yang harus diikuti semua orang saat berolahraga. 

“Jenis latihan yang kamu lakukan pada akhirnya tergantung pada kemampuan, tujuan, apa yang disukai dan peralatan yang tersedia," kata Tom Mans dalam Reader’s Digest. 

Tak hanya itu, lanjut dia, olahraga yang dilakukan juga tergantung pada cedera yang mungkin pernah dialami dan waktu yang dimiliki. Namun, berolahraga 1-2 kali seminggu tak akan mendatangkan manfaat yang maksimal. Menurutnya, frekuensi ideal untuk berolahraga adalah 4-5 sesi per minggu. 

Tom juga menyarankan untuk berolahraga minimal tiga kali seminggu untuk melihat hasil yang nyata. Rutinitas olahraga yang konsisten akan membuat tubuh terbiasa pada stimulus olahraga yang tergolong tinggi di sepanjang minggu. 

“Ini akan membuat tubuh beradaptasi, menjadi lebih kuat, lebih ideal dan bugar," ujar Tom. 

Berapa lama olahraga dalam satu sesi?

Tom menambahkan, setiap sesi olahraga harus berlangsung sekitar 45-60 menit. Ia mengatakan, rentang waktu itu bisa dimanfaatkan untuk pemanasan selama 10 menit dan latihan selama 30-40 menit. Setelah itu, bisa dilakukan gerakan pendinginan dan peregangan 5-10 menit. 

Berolahraga selama 30 menit juga menjadi durasi ideal untuk latihan interval. Secara khusus, Tom juga menekankan pentingnya istirahat selama satu hari di antara sesi latihan angkat beban untuk memulihkan otot. 

Namun, jika kita melatih bagian tubuh yang berbeda setiap sesi olahraga, tak masalah untuk melakukan latihan angkat beban tanpa sesi pemulihan tersebut.

 

Rekomendasi

Terkait