real
        time web analytics

Info

Gaji Perawat di Jepang Menggiurkan


TOPCAREER.ID – Lantaran mengalami shortage tenaga kerja dan aging society, pemerintah Jepang harus merekrut tenaga asing demi memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Peluang itu terbuka juga untuk warga negara Indonesia. 

Setidaknya ada 345.150 lowongan pekerjaan yang bisa diisi tenaga kerja berketerampilan spesifik asal Indonesia di Jepang. Banyak sektor yang dibutuhkan untuk memenuhiratusan ribu lowongan itu. Disebutkan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dakhiri, salah satunya perawat yang bisa terima gaji besar di sana.

Menurut Hanif, gaji yang diterima tenaga kerja berketerampilan spesifik di Jepang bisa menerima bayaran lebih tinggi ketimbang gaji menteri di Indonesia

“Kalau (gaji) nurse (di Jepang) lebih tinggi dari menteri. Kisarannya skill worker minimum Rp 20 juta,” ujar Hanif di Jakarta.

Sementara itu sektor-sektor pekerjaan yang dibutuhkan antara lain, Care worker; Building Cleaning Management; Machine Parts and Tooling Industries, Industrial Machiner, Industry Electric, Electronics, and Information Industries Construction Industries Shipbuilding and Ship Machinery Industry. 

Lalu Automobile repair and maintenance,Aviation Industry, Accomodation Industry,Agriculture, Fishery and Aquacultur,Manufacture of food and beverages dan Food service industry. 

Hanif menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan usia produktif, Jepang harus merekrut tenaga kerja asing. Di sisi lain, saat ini Indonesia tengah mengalami bonus demografi. 

“Jadi kerja sama ini sangat menguntungkan kedua belah pihak. Dalam 5 tahun ke depan syukur-syukur kita bisa ambil 20 persenan lah kebutuhan pekerja asing di Jepang. Jepang kan terkenal tertutup dengan pekerja asing,” kata Hanif.

 

Rekomendasi

Terkait