real
        time web analytics

Info

Gaji Pokok Hakim MK Kecil, tapi Tunjangannya Wow


Mahkamah Kontitusi Republik Indonesia.

TOPCAREER.ID – Menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) tentu dituntut mampu bersikap independen dan memiliki integritas lantaran mengurus masalah sengketa konstitusi yang rumit. Untuk menunjang tugasnya itu, hakim MK mendapat berbagai macam fasilitas, gaji, dan tunjangan yang cukup besar. Berapa ya?

Dikutip dari laman Money Smart, pemberian gaji dan fasilitas itu sendiri sudah tercantum di Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2014 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim Agung dan Hakim Konstitusi. Di pasal tersebut dijelaskan bahwa hakim konstitusi berhak mendapatkan:

- Gaji pokok

- Tunjangan jabatan

- Rumah negara

- Fasilitas transportasi

- Jaminan kesehatan

- Jaminan keamanan

- Biaya perjalanan dinas

- Kedudukan protokol

- Penghasilan pensiun

- Tunjangan lainnya.

Gaji pokok 

Besaran gaji pokok para petinggi lembaga negara sudah diatur di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2000. Gaji pokok dibayarkan di setiap bulannya, dengan besaran yang bervariasi dari masing-masing jabatan.

Untuk posisi Ketua MK, gaji pokok yang didapat adalah Rp5.040.000. Sedangkan untuk hakim MK Rp4.200.000. 

Tunjangan 

Tunjangan jabatan para hakim MK tercantum di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2014. Ketua MK berdasarkan PP tersebut, mendapatkan tunjangan jabatan sebesar Rp 121.609.000. Untuk posisi Wakil Ketua MK juga gak kalah gede, yaitu Rp 77.504.000, sedangkan untuk hakim MK mereka mendapatkan tunjangan jabatan senilai Rp 72.854.000. 

 

Rekomendasi

Terkait