real
        time web analytics

Info

Gara-Gara Foto Sosmed, Perempuan Ini Tak Lolos Seleksi Kerja


TOPCAREER.ID – Hati-hati ya dengan postingan sosial media Anda, apalagi saat masih cari-cari kerja. HRD saat ini bisa saja mengecek sosial media untuk tentukan seberapa pantas kandidat untuk perusahaan. Tapi malang, perempuan muda di Australia ini kena diskriminasi ketika melamar kerja gara-gara sosmed. 

Dilaporkan Daily Mail Australia, akibat foto-fotonya di Facebook, Lily Rose-Wilson mendapat diskriminasi saat melamar kerja. Usut punya usut, pihak perekrut menyukai CV milik Lily, tetapi menolak karena alasan tidak menyukai fotonya.

Lily Rose-Wilson tidak sengaja mendengar omongan perekrutnya di sebuah perusahaan kesehatan. Perekrut bernama Michelle Lines ketahuan membahas selfie dan penampilan Lily, percakapan terkuak akibat Michelle tidak menutup teleponnya dengan benar.

“Saya tidak menyukai dia lagi. Dia mengambil foto selfie setiap saat," ujar Michelle kepada koleganya.

Dalam percakapan tersebut, Michelle mengaku bahwa ia melakukan stalking akun Facebook milik Lily. Ia berdalih bahwa itu memang harus ia lakukan.

Lily yang berasal dari London mengaku kecewa karena perekrut malah menghakiminya lewat foto ketimbang CV. 

“Dia (Michelle) menyukai resume saya. Saya dapat menjadi kandidat untuk pekerjaan itu sampai akhirnya ia melihat foto-foto saya," ujar Lily.

Michelle akhirnya mengirimkan pernyataan maaf karena tak berniat menyakiti perasaan Lily. Ia menyesal atas sikapnya yang tidak dewasa, namun berdalih bahwa kebanyakan perekrut kerja memang mengintip pos media sosial.

Lucunya, Michelle sendiri hobi menampilkan bermacam selfie di medsos, persis seperti pelamar yang ia tolak. Ia pun kembali berdalih dengan berkata bahwa bukan dirinya yang sedang mencari kerja.

Ia pun berkata lebih baik membuat pos-pos media sosial tak diketahui publik, alias privat. Atau, ia menyarankan untuk menghapus pos-pos tertentu ketika mencari kerja.

 

Rekomendasi

Terkait