real
        time web analytics

Info

Gojek Jadi E-Commerce Pilihan Milenial


TOPCAREER.ID – Perusahaan teknologi Indonesia, Gojek, menguasai tiga dari lima kategori mobile e-commerce yang paling diminati oleh para milenial, yaitu trasportasi, pesan antar makanan, dan pembayaran. 

Hal itu seperti hasil penelitian berjudul “Perilaku dan Preferensi Konsumen Milenial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce 2019” yang diselenggarakan oleh perusahaan riset asal Indonesia, Alvara Research Center.

Riset tersebut menjabarkan kecenderungan terkait kebiasaan dan perilaku konsumen milenial dalam menggunakan mobile e-commerce application baik buatan Indonesia maupun asing. Penelitian tersebut menggunakan parameter brand awareness, perilaku dan kebiasaan konsumen, serta tingkat kepuasan pelanggan.

Dalam penelitian itu, aplikasi Traveloka memimpin di kategori pemesanan hotel dan tiket. Sayangnya, untuk kategori aplikasi belanja (shopping application) masih dikuasai oleh pemain asing. 

Alvara menyebut perkembangan ekonomi digital di Indonesia didorong paling besar oleh konsumsi para milenial. Sesuai riset bersama IDN Research Institute dan Alvara di awal tahun 2019, kelompok milenial Indonesia merupakan digital natives karena 98,2 persen telah memakai smartphone untuk mengakses internet.

Di sisi lain pada 2020, populasi generasi milenial akan menjadi yang terbesar dan akan terus mendominasi hingga 2035. Pada tahun depan, sebanyak 34 persen penduduk Indonesia merupakan kelompok millennial.

“Sejalan dengan hal tersebut, transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan mencapai USD130 miliar atau setara Rp1.700 triliun, naik tajam dibandingkan tahun 2016 dan 2013 yang sebesar USD20 miliar (Rp 261 triliun), USD8 miliar (Rp 104 triliun)," bunyi pernyataan resmi perusahaan riset asal Indonesia, Alvara Research Center.

Kehadiran Go-Jek dan beberapa aplikasi anak bangsa lainnya cukup penting, agar Indonesia tetap menjadi tuan di negeri sendiri. Hampir keseluruhan kategori, minat besar generasi milenial terhadap aplikasi Go-Jek erat kaitannya dengan kualitas layanan yang terbaik.

Dalam kategori Aplikasi Transportasi, tercatat Go-Jek lebih banyak digunakan oleh 70,4 persen responden dibanding Grab 45,7 persen. Riset Alvara menampilkan data bahwa minat konsumen terhadap Go-Jek berkaitan dengan kualitas layanan yakni Mudah Digunakan (13,9 persen), Lebih Cepat (11,2 persen), dan Aplikasi Termurah (8,8 persen).

Mayoritas responden yang menggunakan kedua aplikasi (dual user) menilai Go-Jek lebih bisa diandalkan dan lebih lengkap. Dari seluruh responden, konsumen lebih banyak merekomendasikan Go-Jek daripada kompetitornya, dengan skor net promoter (NPS) 18,9.

Pada kategori aplikasi Pesan-Antar Makanan, mayoritas pengguna aplikasi Pesan Antar Makanan di semua kelompok usia, Go-Food dianggap sebagai pelopor food delivery dan pemimpin pasar layanan antar makanan online, yang diukur berdasarkan brand awareness, penggunaan (usage) dan loyalitas konsumen (loyalty).

Go-Food mendominasi pasar pesan-antar makanan karena jauh lebih banyak digunakan oleh konsumen atau 71,7%, dibanding GrabFood 39,9%. Terkait aplikasi pesan-antar makanan itu, responden boleh memilih dua aplikasi.

Penelitian dilakukan Alvara melalui survei tatap muka dengan metode cluster random sampling terhadap 1.204 responden di Jabodetabek, Bali, Padang, Yogyakarta, dan Manado yang dilakukan dari minggu pertama April sampai dengan minggu kedua Juni 2019. 

 

Rekomendasi

Terkait