real
        time web analytics

Info

Guru Harus Pahami Generasi Milenial untuk Kemajuan Pariwisata


TOPCAREER.ID - Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, Ira Mayasari menilai kemajuan dunia pariwisata Indonesia ke depan akan ditentukan oleh generasi milenial. Karena itu penting bagi guru untuk memahami dunia kepariwisataan karena gurulah yang langsung menangani generasi milenial yang merupakan siswa-siswi mereka.

"Penting bagi kita menyiapkan SDM untuk menghadapi tourism 4.0, apa-apa saja yang harus disiapkan, kendala-kendalanya dan tantangan ke depannya. Di sinilah peran guru sangat dibutuhkan, karena ditangan mereka lah yang membentuk SDM kita di masa depan," kata Ira Mayasari.

Menurut Ira, seiring dengan perkembangan zaman dan revolusi industri 4.0, konektivitas dan interaksi sudah tidak bisa dibatasi. Era digitalisasi, informasi dan komunikasi juga kini semakin berkembang pesat. Maka dari itu SDM yang memiliki kemampuan dan cepat menyesuaikan teknologi sangat dibutuhkan.

"Karena generasi milenial tumbuh di era yang teknologi digital berkembang sangat pesat, maka guru pun harus bisa memanfaatkan teknologi untuk mengarahkan siswa ke hal yang positif," kata Ira.

Dikatakan Ira, era digitalisasi mendorong pelaku industri pariwisata membangun spot-spot foto yang menarik untuk ditampilkan dalam media sosial seperti FB dan instagram. "Sekarang banyak spot-spot foto di obyek wisata yang instagramble," katanya.

Ira juga menyoroti prilaku wisatawan yang kini lebih mandiri dengan memanfaatkan informasi yang lebih lengkap dari internet. "Nah perkembangan yang sangat pesat ini dibutuhkan SDM yang mumpuni. Guru lah yang menjadi tumpuan dasar bagi SDM generasi mendatang," kata Ira.

Rekomendasi

Terkait