real
        time web analytics

Info

Hanya Butuh 5 Menit untuk Tingkatkan Suasana Hati


TOPCAREER.ID - Penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology memberikan bukti bahwa kontak singkat dengan lingkungan alami dengan cepat meningkatkan suasana hati.

“Sepanjang hidup saya, saya telah menikmati waktu yang dihabiskan dalam pengaturan alam sehingga saya senang menemukan penelitian yang berkembang memeriksa manfaat kesehatan dari kontak alam,” kata penulis studi, Katherine D. Arbuthnott dari Campion College dalam PsyPost.

Ia menambahkan, temuan manfaat kesehatan emosional sangat menarik karena tampaknya diamati dengan sangat mudah dan cepat. 

Sebuah studi awal terhadap 123 mahasiswa menemukan bahwa peserta yang duduk di taman kota selama hanya lima menit menunjukkan peningkatan signifikan dalam emosi positif dibandingkan dengan peserta yang duduk di ruang laboratorium tanpa jendela.

Tetapi meningkatkan durasi kontak alam tidak secara signifikan meningkatkan manfaat suasana hati. Studi kedua terhadap 70 siswa menemukan bahwa menghabiskan 15 menit di alam - bukan hanya lima menit- tidak memperbesar efeknya.

“Ada dua yang penting. Yang pertama saya tekankan kepada semua siswa saya hari ini - ketika Anda membutuhkan dorongan emosional, cara tercepat dan termudah adalah menghabiskan beberapa menit dengan alam. Sebenarnya berada di luar adalah yang terbaik, tetapi bahkan merenungkan gambar pemandangan alam akan membuat perbedaan,” kata Arbuthnott kepada PsyPost.

Yang kedua, lanjutnya, adalah karena kontak dengan alam sangat bermanfaat bagi kesehatan emosional, melestarikan ruang alami lokal adalah tujuan kesehatan masyarakat yang penting.

Studi ini memang memiliki beberapa keterbatasan. Ada banyak detail dampak kesehatan ini yang belum ditemukan. 

Studi ini hanya meneliti eksposur singkat ke alam (5&15 menit) di taman kota kecil. Akan bermanfaat juga untuk mengetahui apakah paparan yang lebih lama, atau waktu yang dihabiskan di area alami yang lebih besar akan memengaruhi emosi kita secara berbeda.

“Kami juga hampir tidak tahu tentang berapa lama dorongan emosi ini bertahan. Kami tahu, bagaimanapun, bahwa manfaat ini diamati di semua musim, karena beberapa penelitian kami telah dilakukan di musim dingin.”

 

Rekomendasi

Terkait