real
        time web analytics

Info

Hindari Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pemimpin


TOPCAREER.ID – Pemimpin yang baik tentu memiliki tanggung jawab penuh atas apa dipimpinnya. Namun, untuk menjadi pemimpin yang baik, coba hindari beberapa kesalahan berikut ini yang malah sering dilakukan.

Terlalu Banyak Menangani Masalah 

Mark Moses, CEO Coaching International, menulis dalam blog-nya banyak CEO yang menangani berbagai pekerjaan. Padahal, menetapkan batasan apa saja yang menjadi tugasnya dan apa saja yang perlu dikerjakan tidak akan membuat CEO atau seorang pemimpin perusahaan terlihat lemah.

Jika kamu seorang CEO atau pemimpin tapi masih saja turun tangan dalam masalah penggajian, membersihkan kantor, membeli keperluan kantor, maka segera perbaharui sikapmu.

Lupa Mendengarkan 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Miles Group dan Stanford Graduate School, salah satu kelemahan yang dimiliki para CEO adalah keterampilan untuk mendengarkan. Padahal dengan memiliki keterampilan ini, seorang CEO atau pemimpin bisa mempraktikkan apa yang disebut oleh perpustakaan Oxford sebagai “Ilmu Belas Kasih” di tempat kerja.

Untuk menerapkan gaya manajerial ini, seorang pemimpin harus mulai mendengarkan karyawannya. Belajar dengan berbicara dengan mereka dan mengetahui apa yang mereka suka dan tidak suka tentang pekerjaan mereka. 

Menyerah Terlalu Cepat 

Kita bisa belajar dari persaingan Barnes & Noble dan Amazon. Pada awalnya toko buku merupakan “pemain tunggal” yang mendominasi pasar, hingga muncul Amazon yang menjual buku secara online. Lalu Barnes & Noble menambahkan kedai kopi di toko buku mereka untuk mendorong kunjungan pembeli. 

Namun, Amazon tetap perlahan membuat pembeli berpaling. Hingga akhirnya Barnes & Noble membuat e-reader untuk bersaing dengan Amazon Kindle. Saat ini mungkin memang Barnes & Noble kalah dari Amazon. Tapi dengan mental tidak mudah menyerah dengan persaingan, mereka pun terus berkembang dan berinovasi.

Gagal Memberikan Batasan 

Dalam sebuah wawancara dengan Dan Schawbel untuk Forbes, Dr. Henry Cloud, seorang psikolog klinis yang dikenal pula sebagai penasihat CEO, mengklaim bahwa para pemimpin perlu menetapkan beberapa jenis batasan.

Dia pertama kali menyarankan membuat pedoman yang memungkinkan karyawan untuk fokus pada apa yang penting. Batas lain yang disarankan Dr. Cloud adalah menghindari emosi negatif. 

 

Rekomendasi

Terkait