real
        time web analytics

Info

Indonesia Jadi Salah Satu Negara Paling Bahagia, Kok Bisa?


TOPCAREER.ID – Berdasar survei yang dilakukan oleh Gallup tentang Positive Experience Index 2019, Indonesia masuk dalam negara yang paling bahagia. Waaaaah…. Kerennya lagi, Indonesia menjadi negara paling bahagia se-Asia meski secara ekonomi (PDB per kapita) masih dinilai rendah jika dibanding Korea Selatan, Jepang, atau Qatar. 

Survei Gallup Global Emotions Report 2019 ini, mewawancarai 151.000 responden dari 140 negara sepanjang tahun 2018. Negara Amerika Latin menduduki 9 dari 10 negara yang memiliki pengalaman positif tertinggi (Positive Experience Index). Sisanya adalah Indonesia yang menduduki peringkat ke-6. 

“Satu negara di luar region Amerika Latin adalah Indonesia, yang berada pada posisi teratas sejak 2017," tulis laporan Gallup.

Kenapa Indonesia terbilang negara yang paling bahagia ya? Menurut penelitian itu, kebahagian di sini tak selalu diukur dalam bentuk nominal uang atau indikator seperti Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita atau besarnya perekonomian negara (memakai indikator PDB). Penelitian ini menggali hal yang tak tampak (intangible) seperti perasaan dan emosi warga. 

Beberapa pertanyaan yang diajukan seperti: Seberapa baikkah Anda waktu beristirahat kemarin? Apakah Anda diperlakukan secara baik kemarin? Apakah Anda bisa tersenyum atau tertawa banyak kemarin? dan Apakah Anda belajar atau melakukan hal menarik kemarin?

Global Managing Partner Gallup, Jon Clifton menjelaskan penelitian kali ini juga melihat emosi negatif seperti kemarahan, stres, kesedihan serta kecemasan dari para responden di 140 negara.

“Kalau hidup bukan soal kekayaan (negara), di mana kebahagian itu berada? Laporan menunjukkan kebahagian muncul di Amerika Latin. Warga Amerika Latin tidak selalu menilai atau memperhatikan kualitas hidupnya secara baik seperti negara-negara Skandinavia (Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia), tapi mereka bisa tertawa, tersenyum, dan memiliki pengalaman menyenangkan yang tak ditemukan di belahan dunia lainnya," kata Clifton.

Sementara negara yang memiliki indeks positif paling rendah umumnya memiliki persoalan ketidakstabilan politik, ekonomi, dan persoalan lain sepanjang 2018. Afghanistan memiliki tingkat Positive Experience Index terendah di dunia, karena negara tersebut dilanda konflik berkepanjangan.

10 Negara dengan Positive Experience Index Tertinggi

1. Paraguay (skor: 85)

2. Panama (skor: 85)

3. Guatemala (skor: 84)

4. Meksiko (skor: 84)

5. El Salvador (skor: 83)

6. Indonesia (skor: 83)

7. Honduras (skor: 83)

8. Ekuador (skor: 82)

9. Costa Rica (skor: 81)

10. Kolombia (skor: 81)

10 Negara dengan Positive Experience Index Terendah

1. Mesir (skor: 56)

2. Chad (skor: 56)

3. Bangladesh (skor: 56)

4. Siprus Utara (skor: 54)

5. Nepal (skor: 53)

6. Lituania (skor: 51)

7. Turki (skor: 50)

8. Yaman (skor: 50)

9. Belarus (skor: 48)

10. Afghanistan (skor: 43)

 

Rekomendasi

Terkait