real
        time web analytics

Info

Indonesia Masih Jadi Pasar Potensial bagi Industri Film


TOPCAREER.ID - Pasar industri film di Indonesia cukup menjanjikan. Hal ini seiring dengan pertumbuhannya yang mencengangkan, baik dari sisi jumlah penonton, layar lebar, serta banyaknya film-film Indonesia yang ditonton oleh jutaan pemirsa.

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik menyatakan pertumbuhan jumlah penonton di bioskop Indonesia sangat pesat. “Mencapai 230 persen dalam lima tahun terakhir,” kata Ricky dalam diskusi mengenai industri kreatif Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain itu, jumlah layar di studio juga tumbuh cepat dari 800 layar lebar  menjadi 1.800 layar dalam tempo tiga tahun terakhir. Bahkan, Indonesia dikenal sebagai pasar untuk film-film box office terbesar ke-16 di dunia dengan nilai sekitar Rp4,8 triliun.

Namun, jumlah layar tersebut masih sangat kurang, karena yang ideal untuk Indonesia dengan populasi 260 juta jiwa seharusnya 10 ribu screen. Yang tak kalah penting adalah semakin banyaknya film-film yang masuk box office Indonesia, ditonton oleh jutaan pemirsa.

Belakangan ini tidak lagi terlalu sulit bagi film-film Indonesia mencapai target standar jumlah penonton sebanyak empat juta pemirsa. “Indonesia merupakan pasar yang besar bagi industri film,” kata dia.

Karena itu, tidak mengherankan jika semakin banyak investor dan perusahaan film mancanegara melirik pasar Indonesia. Selain faktor populasi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara, pertumbuhan pesat di industri film juga didorong oleh kebijakan pemerintah yang memberikan kebebasan investor asing untuk membiayai sepenuhnya produksi film di Indonesia.

Indonesia juga sangat menarik sebagai lokasi untuk pembuatan film. Hal ini mengingat Tanah Air memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang unik dan beragam, 127 gunung berapi, ratusan candi peninggalan bersejarah, bangunan tua peninggalan sejarah kolonial, serta sawah dan kota-kota yang ramai.