real
        time web analytics

Info

Ini Jenis Olahraga yang Bantu Kesehatan Otak


TOPCAREER.ID- Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah demensia. Namun, olahraga seperti apa yang paling efektif dalam meningkatkan kerja otak?

Berikut lima jenis olahraga yang menurut penelitian saat ini dapat memengaruhi otak, seperti dilansir dari Bustle. 

1. Berlari 

Dalam studi tikus 2016, latihan aerobik seperti berlari dikaitkan dengan penciptaan sel-sel otak baru di hippocampus, bagian otak yang didedikasikan untuk menyimpan ingatan dan membentuk yang baru. Latihan ini juga dapat secara positif mempengaruhi kesehatan dan fungsi sinapsis antara neuron di hippocampus, meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak di daerah tersebut.

2. Latihan aerobik 

Dalam studi eksperimental lain, kali ini pada manusia, 28 siswa muda dan sehat terlibat dalam program lari aerobik. Kelompok latihan siswa memiliki peningkatan yang signifikan dalam kinerja memori spasial dan perasaan serta emosi positif, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak berolahraga.

3. Bersepeda

Satu studi menemukan bahwa aliran darah ke otak meningkat pada kamu yang berolahraga dengan sepeda statis, bentuk lain dari latihan aerobik. Peningkatan aliran darah dikaitkan dengan mekanisme yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan peningkatan fungsi otak.

“Mengingat olahraga juga dapat mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit gaya hidup umum yang berdampak pada otak, seperti gula darah tinggi dan hipertensi, itu adalah motivasi lebih lanjut untuk mencoba memasukkan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat,” kata penulis penelitian Joe Northey, PhD.

4. Yoga berbasis pernapasan 

Sebuah studi percontohan 2018 menyelidiki efek dari kedua gerakan dan latihan yoga yang berfokus pada pernapasan terhadap stres dan rentang perhatian pada mahasiswa. Studi ini menemukan bahwa peserta dari kedua praktik menunjukkan pengurangan stres yang dirasakan (relatif terhadap ketika mereka memulai resimen latihan). Menariknya, hanya kelompok yoga yang berfokus pada nafas yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam perhatian berkelanjutan mereka.

5. Pada dasarnya segala jenis olahraga bantu kesehatan otak 

Latihan kekuatan, latihan aerobik, yoga — menurut penelitian tahun 2018, semua bentuk latihan ini menyebabkan peningkatan kinerja kognitif pada orang dewasa yang lebih tua (usia rata-rata: 73) baik dengan dan tanpa gangguan kognitif. 

Penelitian ini menemukan bahwa berolahraga selama setidaknya 52 jam selama sekitar enam bulan memberikan manfaat bagi otak, apakah itu hanya salah satu dari mode latihan ini atau kombinasi dari ketiganya. Daripada mode olahraga, studi ini menekankan durasi total jam yang dihabiskan selama periode waktu yang berkelanjutan.