real
        time web analytics

Info

Insipirasi Karier dari Film


TOPCAREER.ID - Tak selamanya saran terbaik tentang karier diperoleh dari sesi pelatihan atau dari konsultan. Hollywood menghasilkan sejumlah film yang mengangkat tema dunia kerja.  Berikut ini  judul film yang layak kamu tonton untuk memperoleh wawasan seputar karier dan dunia kerja.

Office Space (1999)

Genre komedi tampaknya sangat efektif untuk menggambarkan suasana dunia kerja. Salah satunya dengan gaya satire, yaitu Office Space. Film ini berkisah tentang Peter yang bekerja sebagai programer di sebuah perusahaan peranti lunak.

Peter sangat membenci pekerjaannya. Ia sudah kehilangan motivasi kerja. Keadaan bertambah buruk ketika perusahaan mempekerjakan dua orang konsultan yang bertugas mengawal proses pengurangan pekerja.

Khawatir dengan kondisi Peter, pacarnya Anne menyuruhnya mengikuti sesi hipnoterapi. Namun, terapisnya mendadak meninggal dunia saat Peter dalam kondisi terhipnotis. Maka, Peter terbangun dalam keadaan tidak biasanya. Saat kembali ke kantor, ia tanpa rasa bersalah melanggar aturan, bahkan menolak disuruh lembur dan bermain gim di meja kerja.

Up in the Air (2009)

Masih bergenre drama-komedi, film ini berkisah tentang Ryan, profesional dalam menangani pengurangan karyawan. Ia terbang kian-kemari untuk membantu perusahaan memutuskan hubungan kerja dengan para karyawannya. Ia memberikan sesi motivasi untuk memberi semangat kepada karyawan yang hendak diputuskan.

Hingga suatu kali, Ryan dipanggil pulang ke kantor pusat dan bertemu dengan Natalie. Perempuan muda yang ambisius ini memperkenalkan program berbasis konferensi video yang membuat pekerjaan Ryan dapat dilakukan dengan lebih hemat dan efisien. Ryan pun mempertanyakan kembali apa yang selama ini diyakininya sebagai hal yang benar.

The Company Men (2010)

Di tengah resesi ekonomi yang melanda, Bobby, profesional muda yang kariernya menanjak pesat mendapati dirinya di-PHK. Ia tidak siap untuk kehilangan semua fasilitas dan kemudahan yang dinikmati selama ini. Ia pun terpaksa menyesuaikan diri dengan pindah rumah, ganti mobil, bahkan berhenti dari keanggotaan klub golf.

Dalam kondisi sulit, tidak mudah mencari pekerjaan baru. Bobby terpaksa menerima pekerjaan sebagai asisten dari iparnya Jack sebagai buruh bangunan.

Ternyata, bukan cuma Bobby yang mengalami PHK di perusahaan tempatnya semula bekerja. Sejumlah petinggi lain perusahaan juga kena. Ada yang tidak sanggup menerima kenyataan hingga akhirnya bunuh diri. Film drama ini menyajikan sisi kelam dari kerasnya kehidupan perusahaan.

The Intern (2015)

Jika film sebelumnya berkisah tentang anak muda pencari kerja, The Intern sebaliknya bercerita tentang Ben, mantan eksekutif yang belakangan merasa kehidupan pensiun terlalu membosankan. Ia lalu melamar melalui program magang untuk warga lansia dan diterima di sebuah perusahaan rintisan yang berkembang pesat.

Pimpinan Ben adalah Jules, perempuan muda yang energik dan semula skeptis dengan kehadirannya. Jules sangat ambisius dan bahkan memiliki karier yang lebih mencorong ketimbang suaminya. Ben membuktikan kemampuannya dengan menunjukkan komitmen dan etos kerja yang luar biasa.

Film bergenre komedi ini menyajikan banyak pelajaran berharga yang bisa dibagikan antargenerasi dengan sikap dan etika kerja berbeda.

Get a Job (2016)

Film komedi keluaran 2016 ini berkisah tentang sekelompok anak muda yang baru lulus dari bangku perguruan tinggi dan berjuang untuk mencari pekerjaan.

Will harus menerima kenyataan pahit, ketika masuk pada hari pertama di tempat kerja, ia diberi tahu mendadak posisi yang dijanjikan kepadanya tidak ada lagi. Pasalnya, perusahaan terpaksa mengurangi jumlah karena karena kondisi ekonomi.

Mau tak mau, Will harus mencari pekerjaan lain karena sewa tempat tinggal harus dibayar. Ia terpaksa gonta-ganti pekerjaan, melakukan apa saja untuk mendapatkan uang. Sementara itu, Jillian, pacarnya, bernasib tak lebih baik. Ternyata, kehidupan nyata selepas bangku kuliah itu tidaklah seramah yang dikira.

 

Rekomendasi

Terkait