real
        time web analytics

Info

Jalin Romansa dengan Teman Kantor?


TOPCAREER.ID – Sangat menggoda untuk berkencan dengan rekan kerja, terutama jika kamu bekerja berjam-jam dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman kantormu itu. Ya, rasa suka bisa timbul seiring dengan intensnya komunikasi. Namun, kamu perlu tanyakan beberapa hal pada dirimu sebelum memutuskan untuk benar-benar membuat romansa di kantor.

Mirande Valbrune, seorang pengacara dan penulis #MeToo: A Practical Guide to Navigating Today's Cultural Workplace Revolution menyarankan untuk mengajukan lima pertanyaan ini.

1. Apa riwayat hubungan saya?

“Jika kamu tipe orang yang bisa mengatakan semua hubungan masa lalu kamu yang berakhir secara damai maka mungkin kamu bisa lebih terbuka pada romansa kantor,” kata Valbrune dalam Forbes. Tetapi, jika hubunganmu cenderung berakhir dramatis dan kontroversial, kamu mungkin ingin menghindari berkencan dengan rekan kerja.

2. Bagaimana riwayat hubungan teman kantor saya?

Kamu harus ekstra hati-hati ketika memutuskan apakah akan terlibat dengan seseorang di kantormu. Luangkan waktu untuk mengevaluasi apakah kamu kompatibel. Tanyakan tentang riwayat kencannya. Tentukan apakah mereka tampak agresif, posesif, atau membutuhkan. Jika jawabannya ya, kamu mungkin ingin mencari romansa di luar kantor.

3. Apa kebijakan perusahaan soal percintaan di kantor?

Valbrune mengatakan, banyak perusahaan mengharuskan karyawan untuk menyingkap hubungan antara supervisor dan bawahannya sehingga perusahaan dapat mengubah hubungan pelaporan untuk menghindari kesan pilih kasih. 

“Kami berharap orang-orang bersikap transparan tentang hal itu tetapi jangan menekan karyawan untuk mengungkapkan informasi itu," kata Julie Li, direktur senior operasi orang di Namely. Faktanya, kebanyakan orang tidak memberi tahu HR bahwa mereka berkencan, bahkan ketika kebijakan kantor mereka mengharuskan untuk terbuka. 

4. Apa hubungan profesional kita?

Bahkan jika kamu teman sebaya, hubungan kerjamu mungkin tidak sejajar. Misalnya, salah satu dari kamu bisa memiliki senioritas yang lebih tinggi. Salah satu dari kamu bisa menjadi posisi dengan lebih banyak status. Meskipun kamu berada di tim yang berbeda, kamu dapat berinteraksi satu sama lain. Misalnya, salah satu dari Anda dapat memengaruhi tugas, beban kerja, atau promosi yang lain.

5. Apakah romansa kantor ini sepadan dengan risikonya?

Berpikir kritis sebelum memulai percintaan kantor, Valbrune memperingatkan terutama jika perusahaan memiliki peraturan yang melarang kencan rekan kerja. 

“Pasti ada manfaatnya jika hubungan berjalan baik. Tapi kamu tidak ingin hubungan kasual di tempat kerja. Ini mungkin tidak sebanding dengan risikonya jika tidak ada minat kuat yang akan mengarah pada hubungan yang langgeng,” Valbrune mengingatkan.

 

Rekomendasi

Terkait