real
        time web analytics

Info

Jangan Lakukan Hal Sepele Ini Jika Tak Ingin Gagal Interview Kerja


TOPCAREER.ID – Kegagalan interview kerja bisa terjadi lantaran beragam faktor, mulai dari cara berpakaian, histori kerja dan akademik sebelumnya, hingga perilaku-perilaku sepele yang mungkin tak pernah dibayangkan sebelumnya. 

Berikut ini adalah hal-hal sepele yang membuat tes wawancara kerja gagal dikutip dari theladders.com. Rangkumannya ini juga didasari dari wawancara dengan 12 CEO di Amerika Serikat.

1. Salah sebut nama pewawancara

Sepanjang proses wawancara berlangsung terkadang akan diselingi dengan bincang-bincang santai atau sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, pastikan jangan sampai salah menyebut nama pewawancara, atau lebih baik untuk tidak menyebutkan nama sama sekali. Ternyata bagi beberapa CEO, hal ini sangat fatal dan siap-siap saja kamu dapat penilaian yang buruk.

2. Mengungkapkan perilaku tidak profesional

Menceritakan hal-hal yang tidak profesional sama sekali kepada si pewawancara adalah kesalahan yang besar. Contohnya, Anda pernah bertengkar dengan atasan terdahulu, atau pernah tidak mengerjakan tugas yang mereka berikan. Semua itu adalah hal yang tak menunjukkan kalau Anda profesional. Kalau tidak ditanya, sebisa mungkin hal seperti ini tidak perlu diceritakan.

3. Tidak melakukan kontak mata

Wajar saja kalau tes wawancara kerja bikin Anda gugup, saking gugupnya bahkan sampai takut tatapan langsung dengan pewawancara. Akhirnya, Anda cuma bisa melihat ke atas, melihat ke tangan sendiri. Namun, hal ini justru dinilai aneh oleh si pewawancara. Jadi cobalah kamu memberanikan diri menatap mereka tanpa rasa takut tentunya. 

4. Tidak serius dalam wawancara

Tak sedikit juga para pencari kerja yang menganggap wawancara kerja sebagai iseng-isengan belaka, bahkan sampai bertingkah tidak profesional. Misalnya berpakaian acak-acakan atau bahkan berpakaian non formal.

Jika hal seperti itu dilakukan, pasti Anda sudah dicap tak profesional dan otomatis ditolak. Kalau hanya sebatas iseng lebih baik tidak usah datang. 

5. Main ponsel

Ketika masuk ke ruang wawancara, usahakan Anda sudah tidak lagi memegang ponsel. Bahkan ketika pewawancara sedang izin untuk keluar ruangan sebentar. 

Kebanyakan yang terjadi seperti itu, misalnya pewawancara izin ke toilet, lantas kamu langsung mengeluarkan ponsel untuk sekadar membuka media sosial atau pesan instan. Usahakan jangan memegang ponsel sama sekali ketika kamu masih berada dalam proses wawancara.