real
        time web analytics

Info

Jangan Sering-Sering Cek Email


TOPCAREER.ID – Mengecek email untuk kepentingan kantor memang perlu, tapi jangan sering-sering ya. Menurut studi, kalau mau fokus kerja dan produktivitas meningkat, jangan terlalu sering buka email.

Periset dari Michigan State University mengatakan memantau email sepanjang hari bisa membuat orang tertekan, terutama pada manajer. Karyawan senior menghabiskan lebih dari 90 menit untuk kembali fokus bekerja dari “gangguan” email.

Dikutip dari studyfinds.org, studi ini diterbitkan oleh Journal of Applied Psychology. Bagi para manajer, gangguan yang disebabkan oleh e-mail bisa memiliki konsekuensi yang lebih luas.

“Seperti alat-alat pada umumnya, email berguna. Tapi, kalau digunakan secara berlebihan, bisa mengganggu, bahkan merusak,” kata Profesor Manajemen Michigan State University, Russell Johnson.

Johnson mengatakan, ketika manajer dan karyawan lainnya berusaha fokus dari gangguan e-mail, mereka dianggap gagal memenuhi tujuan.

“Mereka mengabaikan tanggung jawab manajer dan bawahan mereka tidak memiliki perilaku kepemimpinan yang dibutuhkan untuk berkembang,” kata dia. 

Johnson menemukan manajer “ sukses” pulih dari gangguan itu dengan membatasi tugas kepemimpinan dan mengurangi baca email. Misalnya, tugas untuk pertumbuhan jangka panjang dan pengembangan tim.

Mereka lebih fokus terhadap tugas sehari-hari. Keputusan ini dirasa baik dan strategis. Manajer merasa lebih produktif.

Johnson mengatakan para peneliti mensurvei 48 orang manajer dua kali sehari dalam dua minggu. Manajer melaporkan frekuensi dan permintaan email, persepsi tentang kemajuan pekerjaan dalam tugas inti pekerjaan, dan seberapa sering terlibat dalam membantu tim.

“Kami menemukan bahwa pada hari-hari ketika manajer melaporkan permintaan email tinggi, mereka merasa kemajuan pekerjaan lebih rendah. Efektivitas perilaku kepemimpinan menjadi lebih sedikit,” ucap dia.

Johsnon mengatakan, ketika manajer tidak memimpin, bawahan mereka dan produktivitasnya akan terkena imbasnya.

 

Rekomendasi

Terkait