real
        time web analytics

Info

Jarang Kedip Saat Depan Layar Bisa Picu Masalah Pengelihatan


TOPCAREER.ID – Berlama-lama di depan layar komputer atau smartphone berbahaya, apalagi mata jadi jarang berkedip ketika melakukan kegiatan ini. Jarang berkedip bisa membuat sakit kepala dan mengalami masalah pengelihatan.

Jarang berkedip bisa memicu sindrom yang memusingkan, termasuk penglihatan suram, mata kering, dan sakit kepala. Temuan ini datang setelah 2 ribu orang Inggris dewasa disurvei tentang kebiasaan mereka di media digital.

Dikutip dari studyfinds.org, periset mengatakan perempuan berkedip 20 kali per menit. Kalau sedang berkonsentrasi di depan komputer, angkanya turun menjadi 1-3 kali dalam 60 detik.

Survei yang dilakukan oleh OnePoll —sebuah perusahaan riset pasar— menunjukkan, rata-rata orang menghabiskan waktu enam jam untuk menatap layar. Angkanya setara dengan 84 hari per tahun.

Para responden ini merupakan pegawai yang bekerja dari jam 09.00 sampai 17.00 dan merasakan mata bermasalah pada pukul 14.00. Sepertiga pekerja kantoran ini juga merasakan sakit kepala. Malah, ada 1 dari 5 responden yang berjuang melawan mata rabun.

Sebagian responden mengatakan tak mungkin jika tak menatap layar komputer atau smartphone, sedangkan yang lainnya lupa kapan terakhir kali melihat layar.

Namun, meskipun sepenuhnya menyadari masalah yang disebabkan oleh waktu layar, 36 persen dari peserta mengatakan tidak ada cara mereka bisa sepanjang hari tanpa melihat layar. Bahkan, dua dari lima tidak dapat mengingat hari bebas layar terakhir mereka.

Pakar bedah okuplastik, Sabrina Shah Desai, dalam penelitian ini, mengatakan layar mengambil hidup manusia. Mereka ada di mana-mana, termasuk di kantor sekalipun. “Jelas sulit untuk menghindarinya,” kata Sabrina.

Namun, kata dia, ada cara untuk tetap menjaga mata dan terlindung dari cahaya yang dipantulkan oleh smartphone dan komputer. Sabrina merekomendasikan mengikuti aturan 20-20-20: setiap 20 menit melihat sesuatu setidaknya 20 kaki selama 20 detik.

Mereka yang tidak punya pilihan selain melihat layar komputer di tempat kerja sepanjang hari juga dapat membantu diri mereka sendiri dengan beristirahat secara teratur untuk beristirahat.

Setengah dari mereka yang disurvei mengatakan mereka melakukan hal itu, sementara 27 persen juga mencoba menyesuaikan kecerahan atau pengaturan teks pada layar.

“Mata kita sangat penting, dan kita harus memperlakukannya dengan baik untuk meminimalkan kerusakan jangka panjang dan menjaga kesehatan yang optimal,” kata dia.

 

Rekomendasi

Terkait