real
        time web analytics

Info

Jenis-Jenis Desainer Grafis di Industri


TOPCAREER.ID – Di era digital seperti ini, pekerjaan sebagai seorang desainer grafis laris manis di pasar industri. Tapi, pekerjaan ini tak hanya satu jenis, ada beberapa jenis pekerjaan desainer grafis yang digunakan oleh berbagai pelaku bisnis. Berikut jenis-jenisnya seperti dilansir dari laman International Design School (IDS).

Enviromental

Desain jenis ini bertujuan untuk memberikan gambar yang menarik, memberikan arahan, informatif dan mudah diingat sehingga memperkuat ikatan antara manusia dan tempat tersebut.  Sejatinya, environmental design dibuat untuk memberi tahu dimana seseorang sedang berada dan kemana mereka harus pergi. 

Di sisi lain, desain environmental juga bertugas untuk berkomunikasi dan menceritakan sebuah pesan yang melambangkan tempat yang sedang dikunjungi tersebut. Diperlukan pemahaman mengenai desain grafis, arsitektur dan bahkan desain industrial yang mendalam untuk bekerja di cabang desain ini.

Marketing and Advertising

Marketing dan advertising memiliki tujuan utama yang sangat jelas; menyampaikan pesan secara terperinci mengenai produk yang ditawarkan kepada audiens dan mengkonversikannya menjadi keputusan pembelian. 

Maka dari itu, graphic designer yang bergerak di bidang ini harus memiliki pemahaman dalam segi pemasaran, hubungan masyarakat dan tren yang sedang digandrungi oleh masyarakat. 

Publication

Salah satu jenis graphic design yang tradisional, publikasi telah ada sejak awal sistem menulis ditemukan. Kendati demikian, konsep desain dari buku, majalah dan koran telah berevolusi dari waktu ke waktu yang mengharuskan desainer untuk terus beradaptasi dengan perubahan.  

Secara garis besar, desainer publikasi sejak dahulu memiliki pemahaman mengenai elemen dalam tampilan seperti warna dan tipografi. Akan tetapi, era digitalisasi mengharuskan desainer untuk memahami prinsip dalam mendesain yang disebarkan melalui media elektronik seperti newsletter dan e-book.

Motion

Motion adalah jenis desain yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikannya komponen krusial dalam proses marketing ataupun pembuatan sebuah produk. Iklan komersial, bumper visual, intro film dan video game menjadi lahan bagi para motion designer untuk bekerja. 

Semakin berkembangnya konten hiburan dan pemasaran yang berorientasi visual selama beberapa tahun belakangan ini, besar kemungkinan motion designer akan menjadi profesi yang semakin dicari oleh perusahaan di masa mendatang.

User Interface (UI)

Desain UI bertujuan untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen di saat mereka menggunakan sebuah aplikasi atau device dan menjadikan mereka sebagai pengguna tetap dari produk tersebut. Pengalaman visual yang menyenangkan tersebut adalah keseimbangan dari tampilan estetika dan penggunaan yang praktis. 

Hal itu merupakan kombinasi dari banyak komponen seperti microinteraction, grafik dan dimensi dari device yang digunakan oleh pengguna. Beberapa contoh konkrit dari hasil kerja desainer UI adalah video game, aplikasi mobile dan desktop serta desain website.

 

Rekomendasi

Terkait