real
        time web analytics

Info

Kalimat Tersirat HRD yang Menandakan Peluang Lolos Kecil


TOPCAREER.ID – Tak semua kandidat yang diwawancara lolos dari hujan pertanyaan HRD. Tapi yang bekerja di bagian HRD tahu bagaimana melakukan penolakan secara tersirat hanya lewat kata-kata. Ada kalanya HRD ini menutupi ketidaktertarikannya terhadap kandidat.

Dikutip dari CNBC Make It, berikut ini adalah beberapa hal paling umum yang dikatakan manajer perekrutan jika mereka tidak terkesan dengan wawancara kerja bersama Anda:

1. "Kami Akan Menghubungi Anda Lagi"

Jika sebuah perusahaan merasa Anda tidak cocok untuk bekerja di tempat itu, manajer perusahaan akan membuat tanggapan mereka singkat dan tidak antusias untuk menghindari harapan Anda naik. Seperti, "Kita akan menghubungi lagi."

Namun, tidak semua harapan sudah hilang. Misalnya, "Saya akan menghubungi Anda segera," menunjukkan lebih banyak janji.

2. "Saya Tidak Ingin Mengambil Banyak Waktu Anda"

Secara umum, wawancara tatap muka berlangsung sekitar 45 menit atau lebih. Jadi itu pertanda buruk jika pertemuan Anda dijadwalkan selama satu jam tetapi dipotong pendek. HRD kadang mengatakan "Saya tidak ingin membuang banyak waktu Anda."

Namun, jangan cepat menyerah jika ini terjadi. Anda mungkin dapat memanfaatkan waktu dari efisiensi penjelasan dan berupaya lebih banyak untuk menjual diri Anda sendiri.

3. "Kami memiliki sejumlah kandidat lain, kita akan beritahu jika proses penerimaan selesai"

Biasanya jawaban ini menjadikan Anda dikategorikan sebagai kategori B atau cadangan. Mereka bukan tidak menyukai Anda, namun bukan juga berarti mereka memilih Anda. 

Sebab, mereka sudah mengajukan penawaran ke kandidat lain dan sedang menunggu kabar. Jika itu tidak berhasil karena alasan apapun, Anda mungkin berada di urutan berikutnya untuk dipertimbangkan.

4. "Jika Anda tidak terpilih di posisi ini, mau mencoba di bagian lain?"

Tanggapan ini mungkin sedikit lebih menggembirakan. Jika HRD mengajukan pertanyaan ini, jangan langsung menjawab "tidak". Biarkan mereka tahu Anda akan terbuka untuk belajar lebih banyak.

Mengatakan tidak segera mengindikasikan bahwa Anda sama sekali tidak bergairah dengan perusahaan, dan jika posisi yang Anda inginkan akan terbuka lagi di masa depan, kecil kemungkinan mereka akan menghubungi Anda.

 

Rekomendasi

Terkait