real
        time web analytics

Info

Kamu Sering Sesak Cepat Lelah Waspada Ini


TOPCAREER.ID – Kamu sering sesak atau cepat lelah? Jika iya kamu perlu mewaspadai potensi penyakit jantung.

“Cepat lelah, terbangun karena tiba-tiba sesak, sesak saat terlentang, sesak saak aktivitas, bengkak tungkai bawah, kurangnya selera makan karena begah, menjadi salah satu gejala seseorang mengalami gagal jantung,” ujar Spesialis Jantung di Rs Columbia Asia, dr. Dicky Hanafie, SpJP(K).

Menurutnya penyakit jantung ini sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan penderitanya mati mendadak atau biasa dikenal dengan sudden death. Pada kesempatan ini pun, dr. Dicky menjelaskan beberapa penyebab utama yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kegagalan jantung.

“Penyebab penyakit jantung adalah hipertensi penyakit katup, hingga terjadi koroner dan bisa menyebabkan serangan jantung. Hal ini bisa menyebabkan penderitanya sudden death, mati mendadak,” tutur dr. Dicky

Lebih mengerikannya lagi, dr. Dicky mengatakan bahwa sebagian besar pasien yang mengalami gagal jantung kerap meninggal dunia. Meski demikian, Anda bisa melakukan deteksi sederhana untuk mengetahui gejala-gejala dari penyakit mematikan ini.

Sebagaimana diketahui, jantung normal akan berfungsi sebesar 55-70 persen. Namun, kalau fungsinya sudah dibawah 50 persen bisa dibilang seseorang sudah mengalami penurunan fungsi jantung.