real
        time web analytics

Info

Kebiasaan Alami Orang-Orang yang Produktif


TOPCAREER.ID – Ketika ingin bekerja efisien dan lebih produktif, maka Anda tahu bahwa akan menghabiskan sedikit waktu untuk menunda-nunda, menghilangkan segala macam gangguan. Tapi penelitian menunjukkan sisi baru untuk erwujudnya produktivitas.

Coba ikuti petunjuk dari kebiasaan orang-orang yang produktif secara alami ini seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

1. Mereka fokus untuk menjadi lebih bahagia

Salah satu kendala terbesar menahan orang-orang sukses adalah keadaan pikiran mereka. Satu studi oleh University of Warwick di Inggris menemukan orang yang lebih bahagia menjadi 12 persen lebih produktif di lingkungan kerja daripada rekan-rekan mereka yang tidak bahagia. 

“Ini masuk akal, terutama mengingat fakta bahwa dua gejala umum depresi adalah penurunan motivasi dan perhatian," kata Aparna Iyer, MD, psikiater holistik dan asisten profesor di UT Southwestern Medical Center di Dallas, Texas. 

2. Mereka memprioritaskan kebugaran

Olahraga secara serius meningkatkan suasana hati Anda dengan melepaskan endorfin yang terasa enak yang memberikan penghilang stres dan meningkatkan produktivitas otak Anda. Bahkan 30 menit aktivitas fisik sedang hingga tinggi, hanya tiga hingga empat kali sehari dapat membantu mencapai tujuan pribadi dan profesional. 

“Manfaat psikologis dari olahraga ini dapat terjadi dengan cepat setelah memulai latihan dan penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik apa pun — bahkan bentuk intensitas rendah — dapat efektif untuk Anda,” kata Dr. Iyer. 

3. Mereka istirahat

Studi menunjukkan bahwa tugas berkepanjangan yang membutuhkan tingkat fokus, energi, dan perhatian yang tinggi dapat menyebabkan Anda menjadi kurang produktif dan fokus seiring waktu. Langkah yang lebih baik? Beristirahat sejenak secara mental. 

“Menyisihkan sedikit waktu di sana-sini untuk melepaskan fokus Anda dapat secara signifikan membantu mempertahankannyadalam jangka waktu yang lebih lama,” kata Dr. Iyer. 

“Sebaliknya, ketika kita mencoba untuk terus bekerja dan bekerja pada suatu proyek tanpa istirahat kualitas pekerjaan kita cenderung menurun.”

4. Mereka bekerja di dekat jendela jika memungkinkan

Tentu saja, sebagian besar kantor tidak membiarkan Anda memilih sendiri stasiun kerja Anda, tetapi jika Anda memiliki kebebasan untuk bekerja dari jarak jauh atau dapat nongkrong di kompleks terbuka yang menawarkan pemandangan, cari saja. Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari meningkatkan kesehatan, kualitas tidur, dan tingkat aktivitas Anda. 

5. Mereka tidak mencoba melakukan semuanya sekaligus

Meskipun tidak apa-apa untuk bangga pada kemampuan Anda untuk melakukan banyak tugas, itu demi kepentingan terbaik Anda (dan atasan Anda) jika Anda tetap melakukan satu pekerjaan sekaligus. 

“Faktanya, semakin kita multitasking, semakin tidak efisien dan produktif kita dalam semua tugas yang ingin kita selesaikan,” kata Wyatt Fisher, PhD, psikolog berlisensi dengan praktik pribadi. 

Sebagai gantinya, untuk meningkatkan produktivitas, ia menyarankan untuk fokus pada satu tugas pada satu waktu sampai selesai dan kemudian memberikan semua perhatian Anda untuk tugas selanjutnya. 

 

Rekomendasi

Terkait