real
        time web analytics

Info

Kecepatan Download di Indonesia Masuk Kategori Lambat se-Asia Tenggara


TOPCAREER.ID – OpenSignal, sebuah perusahaan analis lalu lintas internet merilis laporan berjudul "The State of Mobile Network Experience.” Dalam laporan itu, menyebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-3 sebagai negara yang paling lambat dalam kecepatan download di Asia Tenggara.

Laporan yang terbit pada 29 Mei 2019 ini, mengungkapkan rata-rata kecepatan internet di 87 negara di Eropa, Amerika Latin, Amerika Utara, Afrika dan Asia Pasifik. Penelitian dilakukan selama periode 1 Januari 2019 – 31 Maret 2019 dengan melibatkan 43,61 juta perangkat.

Disebutkan dalam laporan itu bahwa Indonesia memiliki kecepatan internet 8,6 Mbps. Di bawah Indonesia, masih ada dua negara di Asia Tenggara yang kecepatan unduhnya jauh lebih rendah. Thailand hanya punya kecepatan rata-rata download 5,7 Mbps, lalu Kamboja hanya hanya 5,6 Mbps.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan negara tetangga terdekat, Indonesia tertinggal jauh. Malaysia dan Singapura masing-masing memiliki kecepatan unduh sebesar 11,5 Mbps dan 39,3 Mbps. 

Secara global, dari 87 negara yang telah diteliti, Indonesia menempati urutan ke-72 sebagai negara dengan pengalaman mengunduh tercepat. 

Dan Korea Selatan menjadi juara untuk negara dengan kecepatan download. Rata-rata kecepatan download di Korea Selatan mencapai 52,4 Mbps dan Norwegia di tempat kedua dengan kecepatan 48,2 Mbps.

“Ada 13 negara dengan pengalaman kecepatan unduhan skor lebih dari 30 Mbps, sementara 35 dari 87 pasar yang kami ukur berada di kisaran 10-20 Mbps, dan 20 skor di bawah 10 Mbps," kata Peter Boyland, Senior Analyst OpenSignal, dalam laporannya.

 

Rekomendasi

Terkait