real
        time web analytics

Info

Kelebihan Fresh Graduate di Mata Perusahaan


TOPCAREER.ID – Fresh graduate tanpa pengalaman tak perlu bingung untuk melamar pekerjaan. Karena dari sudut pandang perusahaan, pelamar yang baru lulus kuliah punya sejumlah kelebihan. Melansir laman Qerja.com, berikut beberapa keunggulan fresh graduate di mata perusahaan:

1. Mudah “Dibentuk”

Fresh graduate yang belum pernah bekerja di perusahaan manapun justru memiliki keunggulan di mata user. Mereka bisa “dibentuk” menjadi seorang pekerja yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Perusahaan akan mengajarkan idealisme yang dianut. Dengan demikian, atasan dan rekan kerja akan lebih mudah bekerja dengan karyawan yang memiliki tujuan yang sama.

Lagi pula, biasanya fresh graduate belum punya cukup pengetahuan untuk melawan atau menyanggah “doktrin” yang diajarkan perusahaan. 

2. Loyalitas

Keluar masuk satu perusahaan dalam jangka waktu yang pendek menjadi pertimbangan perusahaan dalam merekrut pegawai. Tapi pertimbangan ini juga yang dipikirkan perusahaan ketika merekrut kandidat pegawai fresh graduate zaman sekarang.

Mungkin karyawan fresh graduate bisa saja pindah kerja dalam waktu satu sampai tiga tahun. Tetapi saat menjadi bagian dari perusahaan, mereka berkomitmen untuk memberikan usaha yang optimal. Mereka akan berusaha mempertahankan pekerjaan pertamanya dengan baik. 

3. Keinginan Belajar yang Tinggi

Keinginan belajar karyawan fresh graduate masih menggebu. Mereka ingin mengetahui banyak hal di dunia kerja. Selain itu, mereka merasa masih “hijau” sehingga harus banyak bertanya. Mereka bisa menyerap informasi baru dengan baik.

Maka, setiap arahan atasan atau rekan kerja akan dipelajari dan diterapkan dalam pengerjaan tugas sehari-hari. Sifat ini akan membuat karyawan fresh graduate berkembang.

4. Berani Mengambil Risiko

Darah muda yang mengalir dalam diri fresh graduate akan langsung mendidih ketika mendapat tantangan. Tanpa pertimbangan panjang, mereka akan mengambil pekerjaan berisiko yang tidak mau dikerjakan oleh karyawan senior. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk menaklukan tantangan yang ada di hadapan.

Kalau berhasil, mereka bisa menjadi salah satu karyawan terbaik. Tetapi, jika gagal, mereka akan menjadikannya sebagai bahan pembelajaran untuk masa depan.

5. Memahami Teknologi Terkini

Anak zaman sekarang bisa terpapar teknologi baru dengan mudah. Mereka akan mencoba belajar, mengulik, sampai berusaha menguasai cara mengoperasikan teknologi baru. Jadi, mereka akan lebih mudah beradaptasi dengan cara kerja perusahaan yang menggunakan teknologi terkini. Bahkan, mereka bisa memperkenalkan cara kerja yang lebih efektif dan efisien dengan teknologi.

 

Rekomendasi

Terkait